56 Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak Laksanakan PLP-2 dan KKM di Kabupaten Melawi

Wakil Rektor III IKIP PGRI Pontianak, Suherdiyanto,S.Pd., M.Pd, Koordinator Dosen Pembimbing, Lia Anggraeni, S.Si dan para Kepala Sekolah

Penulis: David Nurfianto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus saat menerima berkas berita dari Wakil Rektor III IKIP PGRI Pontianak Suherdiyanto menandai penerimaan 56 Mahasiswa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Pontianak yang akan melaksanakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)-2 dan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kabupaten Melawi di Aula Kantor Bupati Melawi. Jumat 5 Agustus 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MELAWI - Sebanyak 56 Mahasiswa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Pontianak melaksanakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)-2 dan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kabupaten Melawi.

Kedatangan mahasiswa tersebut diterima langsung oleh  Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus di Aula Kantor Bupati Melawi. Jumat 5 Agustus 2022

Hadir mengentar mahasiswa, Wakil Rektor III IKIP PGRI Pontianak, Suherdiyanto,S.Pd., M.Pd, Koordinator Dosen Pembimbing, Lia Anggraeni, S.Si dan para Kepala Sekolah se-Kabupaten Melawi.

Jaga Kondusifitas Kamtibmas, Sat Samapta Polres Melawi Gelar Patroli Dialogis

Dalam laporannya, Koordinator Dosen Pembimbing, Lia Anggraeni, S.Si., S.Pd menyampaikan kegiatan PLP dan KKM IKIP PGRI diikuti oleh 56 mahasiswa yang berasal dari 11 prodi di IKIP PGRI Pontianak

"Dan kegiatan tersebut akan berlangsung dari tanggal 9 Agustus sampai 9 November 2022, dimana program PLP dan KKM akan dilaksanakan di 3 kecamatan di Kabupaten Melawi yakni di kecamatan Nanga Pinoh, Kecamatan Sayan dan Kecamatan Tanah Pinoh," jelasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor III IKIP PGRI Pontianak, Suherdiyanto,S.Pd menyampaikan PLP merupakan suatu tahapan dalam proses penyiapan guru profesional pada jenjang Program Sarjana Pendidikan 

Menurutnya itu berupa penugasan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses pembelajaran di sekolah atau lembaga pendidikan latihan.

Lanjutnya, serta mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing, serta disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara berjenjang.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Melawi yang selama ini telah mendukung dan bersinergi dengan IKIP PGRI Pontianak, sehingga kami bisa eksis sampai hari ini," ungkapnya.

Dirinya memohon dukungan dan bimbingan para kepala sekolah selama para mahasiswa menjalankan PLP dan KKM selama tiga bulan ke depan.

“Saya berpesan kepada para mahasiswa, kalian adalah bintang kampus dan etalase kampus, mohon dijaga almamater, selalu menjaga sikap dan perilaku serta dahulukan ahklak dari pada ilmu. Jadilah inspirasi dan support bagi warga sekolah dan warga masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Melawi Drs. Paulus mengharapkan kegiatan PLP nantinya mahasiswa akan memiliki pengalaman awal yang dibutuhkan dalam membangun jati diri pendidik.
Selain itu, Kata Dia diharapkan mahasiswa bisa mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan.
“Semoga dengan PLP dan KKM ini semakin meningkatkan pengetahuan dan wawasan praktis dalam disiplin ilmu, sehingga dapat memahami serta mengaplikasi antara teori dan praktek," katanya.
Kemudian, Drs. Paulus turut mengapresisasi para dosen dan kampus IKIP PGRI Pontianak yang telah mempercayakan dan menempatkan para mahasiswa yang akan melaksanakan PLP dan KKM di kabupaten melawi.
Acara penerimaan mahasiswa IKIP PGRI yang akan melaksanan PLP-2 dan KKM di Kabupaten melawi di tandai dengan penandatanganan berita acara antar Sekda Melawi dan Wakil Rektor III IKIP PGRI Pontianak. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved