Bank Indonesia dan TNI AL Gelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 di Lima Pulau Terluar di Kalbar

Sehingga Rupiah dapat hadir di setiap pelosok negeri. BI harus menjamin bahwa disetiap jengkal NKRI uang rupiah harus hadir dan tersedia dengan cukup.

Penulis: Nina Soraya | Editor: Nina Soraya
Tribun Pontianak/Nina Soraya
Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan, Danlatamal XII Pontianak Laksmana Pertama TNI Suharto, dan Kepala BI Kalbar Agus Chusaini melakukan pelepasan pelayaran Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 yang menggunakan armada KRI Sembilang-850 pada Senin, 1 Agustus 2022. Tim ini akan mengunjungi Pulau Karimata (Desa Betok)- Pulau Bawal Kendawangan - Pulau Maya (Tanjung Satai) – Pulau Pelapis –Pulau Padang Tikar pada 1-7 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Bank Indonesia bersama TNI Angkatan Laut menggelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 ke Pulau Karimata (Desa Betok)- Pulau Bawal Kendawangan - Pulau Maya (Tanjung Satai) – Pulau Pelapis –Pulau Padang Tikar, 1-7 Agustus 2022.

Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 di Kaliamantan Barat ini menumpang armada Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Sembilang.

Pelepasannya dilakukan oleh Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan bersama Komandan Lantamal XII Laksmana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han).

Hadir pula Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar Agus Chusaini beserta Kepala Divisi Command Centre DPU, Wahyu Yuwana.

Kegiatan ini Bertempat di Mako Lantamal XII, Pontianak, Senin 1 Agustus 2022.

Dalam ekspedisi tersebut BI membawa uang Rupiah sekitar Rp 3 miliar untuk penukaran bagi masyarakat di pulau yang termasuk wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T).

Agus Chusaini mengatakan berdasarkan UU No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Bank Indonesia diberikan amanat dan kewenangan oleh negara untuk melakukan pengelolaan uang Rupiah, yang meliputi perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan serta pemusnahan uang Rupiah.

Pengelolaan uang Rupiah juga merupakan satu di antara tugas Bank Indonesia untuk mendukung tujuan BI, yaitu stabilitas nilai Rupiah.

Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 1
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar Agus Chusaini (kanan) menyerahkan plakat kepada Komandan Lantamal XII Laksmana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han). Bank Indonesia bersama TNI Angkatan Laut menggelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022, 1-7 Agustus 2022 di beberapa pulau di Kalbar.

“Dalam pengelolaan uang rupiah termasuk di dalamnya pengedaran uang, BI mempunyai misi untuk menyediakan uang Rupiah di seluruh wilayah NKRI dalam jumlah yang cukup.

Serta dengan jenis pecahan yang sesuai kebutuhan masyarakat serta dalam kondisi berkualitas dan layak edar,” ungkapnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved