UPB Pontianak Bangun Sistem Manajemen Modern pada Komunitas Wirausaha Tani Muda Kota Pontianak

Ketua Komunitas Akcaya Agro Tani Indra Wijaya Kusuma menyampaikan, bahwa terdapat beberapa hambatan pada usahanya.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Jamadin
Dokumentasi UPB Pontianak
Universitas Panca Bhakti Pontianak melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tentang 'Membangun Sistem Manajemen Modern pada Komunitas Wirausaha Tani Muda Kota Pontianak' pada komunitas Akcaya Agro Tani yang berlokasi di Jalan Karya Kita Nomor 20 Pontianak, Kalimantan Barat.  

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tentang 'Membangun Sistem Manajemen Modern pada Komunitas Wirausaha Tani Muda Kota Pontianak' Kalimantan Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan sumber pembiayaan dari bantuan pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis hasil Penelitian Perguruan Tinggi Swasta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Tahun 2021.

Dimana pada kegiatan PKM ini dilaksanakan pada komunitas Akcaya Agro Tani yang berlokasi di Jalan Karya Kita Nomor 20 Pontianak sebagai mitra pelaksanaan kegiatan. 

Komunitas Akcaya Agro Tani merupakan komunitas yang bergerak dalam usaha pertanian yang dilakukan di perkotaan. PKM ini berlangsung pada minggu ke-2 sampai minggu ke-4 Desember 2021 kemarin yang dilaksanakan oleh oleh Tim yang anggotanya merupakan kolaborasi dari beberapa prodi di Universitas Panca Bhakti antara lain Dra Hj. Reni Dwi Widyastuti, M.Si, dengan anggotanya antara lain M. Fahmi Hazdan, S.H., M.H dan Wilda Sari, S.E., M.Ak dengan mengikutsertakan empat orang mahasiswa yang juga berasal dari beberapa prodi yang berbeda. 

Dalam perjalanan komunitas ini juga ditemui adanya beberapa hambatan yang cukup menyulitkan dan menjadi halangan dalam upaya mengembangkan usaha pertanian hidroponik. 

Ketua Komunitas Akcaya Agro Tani Indra Wijaya Kusuma menyampaikan, bahwa terdapat beberapa hambatan pada usahanya.

UPB Pontianak Jalin Kerjasama dengan Bank Syariah Indonesia Area Pontianak

"Belum adanya landasan hukum untuk menjalankan dan mengembakan usaha, belum adanya manajemen usaha yang terstruktur dan sistematis, hingga sarana dan prasana usaha yang masih minim menjadi hambatan dalam upaya untuk mengembangkan usaha," ujarnya, dalam keterangan rilisnya, Selasa 4 Januari 2022.

Adapun tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan ialah mendirikan badan usaha dengan legalitas hukum, meningkatkan manajemen bisnis, meningkatkan kompetensi bisnis SDM, memaksimalkan penggunaan aset dan mendorong proses bisnis yang akuntabel. 

Program ini merupakan kegiatan yang menguatkan penyelenggaraan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. 

Kegiatan ini memberikan manfaat kepada mitra antara lain didapatkannya legalitas hukum badan usaha dengan dibentuknya CV. Akcaya Agro Tani, mendapatkan bantuan berupa sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan usaha, mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai manajemen bisnis dengan adanya SOP, profil perusahaan dan rencana bisnis, serta mendapatkan pemahaman yang lebih baik dalam pengelolaan usaha guna pengembangan usaha di masa yang akan datang. 

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan manfaat bagi tim pelaksana, antara lain dapat menjadi wahana untuk memandu pemahaman bidang ilmu di pengguruan tinggi dengan kenyataan di lapangan, sehingga dapat dijadikan sebagai rujukan bagi perluasan materi kuliah dalam program merdeka belajar-kampus merda yang terkait dengan bidang kegiatan, mendorong pemanfaatan hasil kegiatan dan pengembangan lebih lanjut untuk kebutuhan mitra. 

Selain itu, manfaat khusus bagi dosen ialah dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini maka kewajiban dosen untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi telah terpenuhi. 

Kemudian bagi mahasiswa, dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sehingga dapat lebih memahami ilmu yang telah didapatkannya di dalam ruang kelas dengan langsung melakukan kegiatan yang nyata di lapangan. 

Perguruan tinggi sebagai institusi yang menjadi wadah terlaksananya kegiatan ini juga mendapatkan beberapa manfaat antara lain, menumbuhkembangkan budaya kewirausahaan di lingkungan Universitas Panca Bhakti, memperluas relasi dan membangun kolaborasi, dan mewujudkan potensi sinergi antara Universitas Panca Bhakti dengan mitra sehingga mampu mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya dalam menunjang program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

[Update Berita seputar UPB Pontianak]

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved