Breaking News:

Pola Hidup Sehat

Khasiat Rebung Bambu, Bisa Jadi Obat dan Makanan Sehat yang Bergizi | Cek Kadar Nutrisinya?

Dari semua bambu yang tumbuh di tanah air, terdapat 124 jenis asli Indonesia dan 88 jenis endemis. Jenis bambu tersebut menghasilkan manfaat dan produ

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ Kompas.com
Manfaat Rebung Bambu yang Sehat dan Berkashiat Sebagai Obat 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Sumber kekayaan alam di Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi.

Indonesia termasuk negara dengan keragaman produk bambu yang tinggi. Dari 1.439 jenis bambu di dunia, 162 jenis bambu ada di Indonesia.

Dari semua bambu yang tumbuh di tanah air, terdapat 124 jenis asli Indonesia dan 88 jenis endemis. Jenis bambu tersebut menghasilkan manfaat dan produk yang beragam.

Manajer program Pertanian Yayasan Kehati, Puji Sumedi Hanggarawai mengatakan, kehidupan masyarakat Indonesia tidak lepas dari fungsi tanaman bambu, bahkan dari sejak lahir sampai meninggal.

Namun, menurut Puji, masih sedikit masyarakat Indonesia termasuk generasi muda yang memiliki pengetahuan tentang bambu, baik dari jenis, manfaat, keunggulan dan perannya dalam menjaga peradaban dan kehidupan manusia.

BUAH Sirsak Pencegah Kanker Payudara, Rasakan Manfaat Buah Sirsak, Seperti Antioksidan Tinggi

"Maka dari itu, diperlukan keterlibatan semua pihak untuk mengedukasi, sekaligus melestarikan tanaman bambu Indonesia,” dalam diskusi daring bertajuk BW in Training: Mengenal Bambu, Mengenal Indonesia, Kamis 26 November 2021.

Bambu dapat dimanfaatkan dalam banyak hal, seperti untuk bidang seni, konstruksi, peralatan rumah tangga, energi, konsumsi, senjata, dan obat herbal juga telah lama dikenal masyarakat nusantara.

Bambu untuk makanan dan obat

Memanfaatkan bambu sebagai panganan atau konsumi dan obat-obatan sudah dilakukan masyarakat Indonesia sejak dahulu kala.

Bambu untuk makanan, biasanya diambil dari rebungnya, yaitu rimpang muda yang masih tertutup pelepah dan sebagian ujungnya mencuat ke permukaan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved