Breaking News:

Bank Indonesia Sebut Ekonomi Kalbar Pulih Lebih Cepat

Perbaikan ekonomi 2021 sejalan dengan progres percepatan vaksinasi di Kalbar dan penurunan kasus Covid-19 sebagai dampak implementasi prokes.

Penulis: Imam Maksum | Editor: Nina Soraya
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Kepala KpwBI Kalbar Agus Chusaini menyampaikan outlook ekonomi Kalbar 2022 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bank Indonesia memastikan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat mulai terus menunjukkan perbaikan.

Bahkan gerak pertumbuhan perekonomian sudah seperti sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Hal ini diungkapkan Kepala Perwakilan wilayah Bank Indonesia Kalimantan Barat Agus Chusaini dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021 pada Rabu 24 November 2021. 

Perekonomian Kalbar pada triwulan III 2021 mengalami pertumbuhan positifsebesar 4,60% (yoy).

Meskipun menurun dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 10,81% (yoy).

Airlangga Yakin Tahun 2022 Menjadi Golden Moment Indonesia Untuk Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi

Foto bersama usai mengikuti  Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021 dengan tema Bangkit dan Optimis: Sinergi dan Inovasi Untuk Pemulihan Ekonomi pada Rabu 24 November 2021.
Foto bersama usai mengikuti Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021 dengan tema Bangkit dan Optimis: Sinergi dan Inovasi Untuk Pemulihan Ekonomi pada Rabu 24 November 2021. (TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI)

“Namun pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 3,51% (yoy) dan wilayah Kalimantan rata-rata tumbuh 4,52% (yoy),” jelasnya.

Dilanjutkannya pada Triwulan IV 2021, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat diperkirakan tumbuh positif dan diproyeksikan lebih tinggi dari Triwulan sebelumnya.

Agus Chusaini memaparkan hal ini diperkirakan akan didorong oleh peningkatan komponen Konsumsi Rumah Tangga.

Tak hanya itu, Perdagangan Besar dan Eceran turut mendorong karena adanya perayaan Hari Besar Keagamaan (HBKN) dan Libur akhir tahun serta kondisi pandemi yang makin melandai.

Kepala KpwBI Kalbar bersama Asisten II Provinsi Kalbar memberikan jawaban dalam konferensi pers bersama media usai PTBI 2021.
Kepala KpwBI Kalbar bersama Asisten II Provinsi Kalbar memberikan jawaban dalam konferensi pers bersama media usai PTBI 2021. (TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI)

“Secara whole year,pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat tahun 2021 diperkirakan lebih baik dari tahun 2020."

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved