Breaking News:

Penanganan Covid

Harga Modal Tes PCR Rp 251.000

“Sekarang harga komponen pemeriksaan PCR itu modalnya sekitar Rp 222.000 dan jika ditambah biaya lain jadi sebesar Rp 251.000. itu harga modalnya.

Editor: Nasaruddin
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Ilustrasi tes swab PCR. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar harga tes swab PCR diturunkan menjadi Rp 300.000.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers, Senin 25 Oktober 2021.

"Arahan Presiden agar harga PCR dapat diturunkan menjadi Rp 300.000 dan berlaku selama 3x24 jam untuk perjalanan pesawat," ujar Luhut.

Terkait penurunan harga itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menekankan, pemerintah tak akan memberikan bantuan (subsidi) untuk menurunkan harga tes swab PCR.

“Apakah akan ada subsidi? Tidak ada. Karena kalau kita lihat, harga Rp 300.000 ini sudah cukup murah sekali,” ujarnya Selasa (26/10) via video conference.

Harga Tes RT-PCR Diturunkan, Ahli Epidemiologi : Jika Perlu Digratiskan

Menkes menegaskan, sebenarnya selama ini harga PCR di bandara Indonesia sudah berada di kelompok bandara-bandara negara yang memiliki harga swab PCR termurah.

Sebagai contoh, dengan harga tes swab PCR Rp 900.000, ini masuk 20% kelompok bandara dengan harga tes termurah.

Nah, apalagi dengan penurunan harga ke Rp 300.000 per tes swab PCR, ini sudah masuk ke 10% kelompok bandara dengan harga tes paling murah.

Sementara itu, harga tes swab PCR termurah di dunia masih tercatat di negara India, yaitu sebesar Rp 160.000 per tes. Ini disebabkan oleh negara tersebut memiliki produksi alat dan bahan tes swab PCR.

Dua Warga Singkawang Meninggal Dunia Akibat Difteri, Ketahui Gejala dan Cara Mencegahnya

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson menilai wajar adanya rencana penurunan harga tes swab polymerase chain reaction (PCR).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved