Breaking News:

Pola Hidup Sehat

KACANG - KACANGAN Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Karena Memiliki Kandungan?

Penyebab kolesterol tinggi pada usia muda sering kali mirip dengan penyebab kolesterol tinggi pada kelompok usia tua. Kebanyakan penyebab kolesterol..

Penulis: Mirna Tribun | Editor: Mirna Tribun
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ YOUTUBE
Ilustrasi kolesterol. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan lonjakan kolesterol meski usia seseorang masih muda.

Hal tersebut dijelaskan secara gamblang oleh dr. Vito Damay, Sp.JP, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah sebagai berikut.

“Penyebab kolesterol tinggi pada usia muda sering kali mirip dengan penyebab kolesterol tinggi pada kelompok usia tua. Kebanyakan penyebab kolesterol tinggi adalah kegemukan, kurang olahraga, pola makan yang terlalu banyak gula serta junk food,” ujar dr. Vito Damay dilansir dari klikdokter.com.

Lebih lanjut, dr. Vito menjelaskan bila tidak diimbangi dengan olahraga atau aktivitas fisik yang cukup, kelebihan kalori yang menumpuk akan menjadi lemak.

Pola hidup menjadi salah satu faktor pemicu utama terjadinya serangan jantung dan stroke pada usia muda yang terjadi belakangan ini.

Lantas, bagaimana caranya mengatasi kolesterol tinggi pada usia muda? Hal pertama yang harus dilakukan adalah periksa kadar kolesterol Anda.

CIRI Kolesterol Tinggi Pada Wanita, Obat Kolesterol Paling Ampuh dan Pantangan Kolesterol

American Heart Association menganjurkan seseorang yang berusia 20 tahun melakukan pemeriksaan jantung dasar, termasuk kadar kolesterol.

Patut diingat bahwa pemeriksaan ini tak hanya berlaku buat yang bertubuh gemuk, namun juga yang kurus sekalipun. Jika hasil pemeriksaan kolesterol pertama normal, Anda dapat memeriksakan kembali setiap 4 atau 6 tahun berikutnya.

Selanjutnya, jaga berat badan tetap ideal sesuai dengan kategori indeks massa tubuh. Upaya menjaga berat badan bisa dilakukan dengan cara olahraga, mengonsumsi makanan bergizi, serta menerapkan pola hidup sehat lainnya.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan lonjakan kolesterol meski usia seseorang masih muda.

  • Obesitas
Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved