Breaking News:

Warga Pontianak Berhasil Budidayakan Anggur Manis Di Halaman Rumah

Hasil dari budayanya saat ini dapat langsung telrihat ketika kita memasuki komplek Villa Citra Andalas yang berada di Jalan Suwignyo Kota Pontianak

Penulis: Ferryanto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/Destriadi Yunas Jumasani
Anton Kamaruddin menunjukkan tanaman anggur hasil budidaya di Villa Citra Andalas, Jalan Suwignyo, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu 11 September 2021. Anton menerapkan pola tanam sambung pucuk agar tanaman anggur dapat tumbuh dan berbuah baik dengan kondisi iklim di Kota Pontianak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Banyak warga masyarakat yang mengira buah anggur hanya cocok untuk ditanam di daerah dengan iklim sejuk, dan tidak pas bila di tanam di daerah dengan suhu udara tinggi seperti IKota Pontianak, Kalimantan Barat.

Anggapan tersebutpun saat ini telah dipatahkan oleh Anton Kamarudin, warga Komplek Villa Citra Andalas, yang merupakan kepala UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Kalimantan Barat.

Ditengah pembatasan Aktivias Sosial karena Pandemi Covid 19 pada tahun 2020, selama hampir satu tahun dirinya berusaha membudidayakan buah anggur di halaman rumannya di VIilla Citra Andalas yang hanya berukuran 2 x 4 meter.

Dari puluhan jenis tanaman anggur yang sudah berkembang di Indonesia, akhirnya dirinya mendapati beberapa jenis anggur yang pas dan cocok dibudidayakan di Kota Pontianak yang beriklim panas, setelah berbagai

Warga Pontianak Berhasil melakukan Budidaya Anggur di Pekarangan Rumah Saat Pandemi COVID-19 Melanda

Hasil dari budayanya saat ini dapat langsung telrihat ketika kita memasuki komplek Villa Citra Andalas yang berada di Jalan Suwignyo Kota Pontianak,.

Gerbang masuk komplek tersebut sudah di tanami Anggur Varietas Jupiter,rambatan tanaman anggur bersama buah yang sudah tumbuh subur, membuat gerbany masuk komplek menjadi lorong hijau yang sangat asri nan teduh.

selain itu, di gerbang, spot penamaman anggur pun berada di pertengan jalan komplek, serta ujung komplek, selain itu terdapat sejumlah rumah warga yang juga membudidayakan anggur di halaman rumahnya.

''tepatnya itu 1 mei 2020, karena berbagai pembatasan sosial akibat pandemi, saya mulai menyambung anggur dan Alhamdulillah, sangat mudah sekali, dari berbagai tanaman yang sudah saya coba, anggur yang paling cepat tumbuh, 4 hari sudah bisa dilihat bibitnya sudah jadi''ujarnya.

Dikatakannya, beberapa anggur yang banyak ditanam di Indonesia, jenis anggur dengan rasa asam, yakni varian Isabela dan red master, dan semenjak waktu itu ia berusaha mengembangkan jenis anggur Impor yang memiliki rasa manis.

Mulanya, 41 varian anggur yang sempat ia berusaha kembangkan, dan ditahun 2020 ia menyeleksi beberapa varietas yang memiliki ketahanan yang baik di tanam di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, yang memiliki curah hujan dan kelembaban tinggi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved