Breaking News:

Warga Pontianak Berhasil melakukan Budidaya Anggur di Pekarangan Rumah Saat Pandemi COVID-19 Melanda

Pada masa pandemi covid-19 malah mendatangkan ide dan kreativitas seperti yang dilakukan oleh Kepala UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Tanama

Penulis: Anggita Putri | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Anton Kamaruddin menunjukkan tanaman anggur hasil budidaya di Villa Citra Andalas, Jalan Suwignyo, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu 11 September 2021. Anton menerapkan pola tanam sambung pucuk agar tanaman anggur dapat tumbuh dan berbuah baik dengan kondisi iklim di Kota Pontianak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pada masa pandemi covid-19 malah mendatangkan ide dan kreativitas seperti yang dilakukan oleh Kepala UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Tanaman Pangan dan Holticutura, Anton Kamaruddin yang berhasil melakukan budidaya tanaman anggur di pekarangan rumahnya. 

Budi daya anggur yang dilakukan oleh Anton  didepan rumahnya di Villa Citra Andalas, Jalan Suwignyo, Pontianak, Kalimantan Barat.

Anton menerapkan pola tanam sambung pucuk agar tanaman anggur dapat tumbuh dan berbuah baik dengan kondisi iklim di Kota Pontianak.

Ia mengatakan ide awal dirinya menanam anggur di masa pandemi covid-19 berawal dari aktivitas yang lebih  banyak di rumah karena dilakukan pembatasan aktivitas di luar rumah. 

IKIP PGRI Pontianak Besok Mulai PTM, Pihak Kampus Siapkan Langkah Antisipasi Penemuan Kluster

Sehingga timbul ide bagaimana untuk  keluar dari masalah ini. Saat pandemi dirinya pun sering sekali membeli kebutuhan di rumah seperti buah anggur yang dibeli secara online.

“Tapi buah anggurnya asem. Jadi akhirnya timbul lah ide dari situ untuk nudi daya anggur,”ujarnya,Minggu 12 September 2021.

Namun dikatakannya banyakmasyarakat  di Pontianak mengatakan bahwa anggur tidak cocok hidup di iklim seperti di Pontianak, dam hanya cocok di negara empat musim.

(Update Informasi Seputar Kota Pontianak)

“Tapi akhirnya saya tetap mencoba pada 1 Mei 2020 lalu  melakukan budidaya anggir dengan cata  sambung pucuk menggunakan bibit anggur impor,”ujarnya.

Dimana ia berhasil melakukan budidaya tersebut dan buahnya pun banyak serta memiliki rasa yang manis.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved