Breaking News:

Apa Itu Jamur Hitam? Ketahui Gejala Seseorang Terserang Jamur Hitam dan Cara Mencegahnya

penyakit infeksi jamur ini tergolong berbahaya karena potensi kematiannya sangat tinggi. lalu apa sebenarnya Jamur Hitam yang dimaksud?

Editor: Nasaruddin
Uma Shankar MISHRA / AFP
Seorang pasien yang pulih dari virus corona Covid-19 dan sekarang terinfeksi Jamur Hitam, infeksi jamur mematikan di Netaji Subhash Chandra Bose Medical College di Jabalpur pada 21 Mei 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Penyakit Jamur Hitam beberapa waktu terakhir menjadi sorotan.

Hal itu karena penyakit infeksi jamur ini tergolong berbahaya karena potensi kematiannya sangat tinggi.

Lalu apa sebenarnya Jamur Hitam yang dimaksud?

Infeksi jamur hitam atau yang dikenal degan nama mucormycosis adalah infeksi jamur sistemik yang disebabkan oleh golongan Mucormycetes seperti Rhizopus spp, Mucor spp, Rhizomucor spp, Cunninghamella bertholletiae, Apophysomyces spp, dan Lichteimia.

Mucormycosis terjadi melalui kontak dengan spora atau elemen jamur dari lingkungan seperti tanah, bahan organik yang membusuk misalnya daun, tumpukan kompos, dan kotoran hewan.

Ketua Pokja Bidang Mikosis Paru Pusat Mikosis Paru FKUI/RS Persahabatan Dr dr Anna Rozaliyani MBiomed, SpP(K) mengatakan, penyakit yang satu ini termasuk kategori langka.

Pupuk Alami Aglaonema dari Nasi Basi ! Bisa Jadi Cara Merawat Tanaman Aglaonema agar Subur & Cantik

Selain itu, penyakit jamur hitam ini tergolong berbahaya karena potensi kematiannya sangat tinggi.

Hal itu diungkapkannya dalam Konferensi Pers bertajuk "Black Fungi pada Pasien Covid-19: Apa yang Perlu Kita Waspadai?" pada 3 Juni 2021.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk mewaspadai infeksi mucormycosis ini dengan mengetahui gejala-gejala infeksi jamur hitam yang bisa terjadi, saat terinfeksi.

Infeksi jamur hitam disebabkan oleh jamur yang terdapat di lingkungan lembab, seperti tanah dan dapat menyerang saluran pernapasan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved