Breaking News:

Diduga Posting Ujaran Kebencian di Facebook, Seorang Pemuda Ditangkap Personel Polres Mempawah

MA merupakan warga Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah.

Penulis: Ramadhan | Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ ISTIMEWA/Polres Mempawah
Sat Reskrim Polres Mempawah melakukan pemeriksaan kepada MA, terduga melanggar tindak pidana ITE melalui media sosial Facebook. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Sat Reskrim Polres Mempawah mengamankan seorang pemuda berinisial MA (20), dengan dugaan tindak pidana ITE melalui media sosial Facebook.

MA diamankan jajaran Sat Reskrim Polres Mempawah, Rabu 14 Juli 2021 untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kasat Reskrim Polres Mempawah, AKP M Resky Rizal membenarkan hal tersebut.

"Memang benar, pada Rabu 14 Juli 2021, Satreskrim Polres Mempawah telah mengamankan MA terkait dugaan tindak pidana ITE yang dilakukan melalui media sosial Facebook," terangnya kepada Tribun, Jumat 16 Juli 2021.

AKP Rizal juga mengungkapkan bahwa MA merupakan warga Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah.

Polres Sintang Limpahkan Kasus Selebaran Berisi Ujaran Kebencian di Medsos ke Polda Kalbar

Lebih lanjut Kasat Reskrim mengungkapkan kronologis diamankannya MA yakni berawal dari kegiatan patroli Siber yang dilakukan oleh anggota Satreskrim Polres Mempawah.

Yang mana berawal pada Selasa 13 Juli 2021 sekira jam 08.00 WIB telah menemukan postingan di salah satu grup Facebook dengan mengatakan "ada yg tau gax...knp penyekatan jalan seperti ini sll terjadi pas menjelang hari besar Islam....sudah 2x lho" kutip salah satu akun Facebook.

"Serta juga memposting foto POLISI yang sedang melakukan penutupan jalan, kemudian anggota Sat Reskrim Polres Mempawah melihat komentar dari akun MA yang mengatakan 'karna yang nyegat jalan itu smua PKI yang mau ngancurin agama Islam'," ujar Rizal menyebutkan tulisan MA.

Setelah itu kata Rizal, Sat Reskrim Polres Mempawah melakukan Profilling terhadap akun Facebook tersebut.

"Setelah mendapatkan informasi keberadaan pemilik akun tersebut, pada Rabu 14 Juli 2021 yang bersangkutan diamankan ke Polres Mempawah untuk dimintai klarifikasi terkait komentarnya," terangnya.

Aplikasi Penghasil Uang Helo dan Terbukti Membayar, Ada Game Berhadiah Uang Tunai & Handphone

AKP Rizal juga mengungkapkan untuk saat ini tindakan yang telah dilakukan yakni Patroli siber terkait postingan tersebut, Profilling dan analisa akun tersebut, Introgasi pemilik akun facebook, mengamankan handphone pemilik akun.

"Untuk MA sendiri saat ini statusnya kita amankan sambil menunggu hasil pendalaman," tutupnya.

[Update Berita seputar Kabupaten Mempawah]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved