Breaking News:

Kadiskes Harisson sebut Vaksinasi COVID-19 Akan Sasar Pelajar Mulai Siswa Kelas XII SMA

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengatakan vaksinasi terhadap anak-anak di Kalbar akan dimulai dari pelajar kelas XII  di K

Penulis: Anggita Putri | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI
Kadiskes Kalbar, Harisson saat diwawancarai di Ruang kerjanya, Selasa 29 Juni 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Satgas Covid-19 Provinsi Kalimantan Barat akan memulai vaksinasi COVID-19 pada anak dengan menyasar siswa kelas XII SMA/SMK Negeri dan swasta terlebih dahulu. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengatakan vaksinasi terhadap anak-anak di Kalbar akan dimulai dari pelajar kelas XII  di Kota Pontianak mulai Rabu pekan depan.

“Vaksinasi anak mulai dilakukan dari pelajar SMA kelas XII di Kota Pontianak. Diskes sudah kordinasi dengan Kadisdik Provinsi untuk pelaksanaan Rabu ini,”ujarnya kepada Tribun Pontianak, Minggu 4 Juli 2021.

Ia mengatakan Satgas Provinsi sudah melakukan kordinasi dengan Kadisdik Provinsi untuk pelaksanaan vaksinasi yang menyasar usia 12 tahun ke atas agar tidak tergabung dengan vaksinasi masyarakat umum usia 18 tahun keatas.

Dukung Percepatan Vaksinasi Agar Terhindar dari COVID-19, Fauzi : Saya Bantu Edukasi Masyarakat

“Jadi untuk vaksinasi pada anak dimulai dulu pada siswa kelas  XII, setelah itu baru kelas XI kelas X SMA/SMK. Kalau sudah selesai, baru lanjut siswa SMP kelas IX, kelas VIII dan Kelas VII,”ujarnya.

Selain itu, Harisson mengatakan bahwa vaksinasi yang menyasar umur 12 tahun keatas juga sudah direncanakan oleh Diskes  kabupaten kota masing-masing.

“Pelaksanaannya perlu diatur agar tidak tercampur antara vaksinasi anak dan orangtua. Untuk vaksinasi pada anak-anak dapat dilaksanakan di sekolah, dan perlu diberlakukan percepatan untuk mendukung PTM pada Agustus 2021,” ujarnya kepada Tribun Pontianak, Minggu 4 Juni 2021.

Namun dikatakannya saat ini masih terkendala kurangnya tenaga kesehatan (vaksinator) yang tidak sebanding dengan sasaran vaksinasi . 

“Apalagi sasaran vaksinasi sudah bertambah ke kelompok usia 12 tahun ke atas,”ujarnya

Dikatakannya adapun jenis vaksinasi yang digunakan untuk vaksinasi anak di Kalbar menggunakan jenis vaksin sinovac dan AstraZeneca. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved