Breaking News:

Rutin Gelar Sosialisasi PIPP Ke FKTP, Cara BPJS Kesehatan Tingkatkan Jumlah Kepuasan Peserta

melalui SIPP seluruh informasi yang telah tercatat dapat menjadi acuan bagi BPJS Kesehatan dan Faskes untuk semakin memperbaiki layanan kedepannya

Editor: Nina Soraya
TRIBUN/DOK
Lewat aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan Peserta (SIPP) semua permintaan informasi dan penanganan pengaduan dapat terdokumentasi sehingga mempercepat proses penanganan pengaduan dan pemberian informasi kepada peserta. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebagai bentuk upaya meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS terhadap pelayanan di fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Pontianak menggelar kegiatan sosialisasi kepada 23 pimpinan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) mitra BPJS Kesehatan wilayah Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat pada Senin, 28 Juni 2021.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Ridho Bakti mengatakan sesuai Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan disebutkan bahwa seluruh peserta JKN berhak untuk mendapatkan informasi penyelenggaraan Jaminan Kesehatan secara menyeluruh menyangkut hak dan kewajiban peserta, fasilitas kesehatan/BPJS Kesehatan, serta mekanisme pelayanan di Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan.

Optimalkan Pelayanan di FKTP Melalui Kapitasi Berbasis Kinerja, BPJS Kesehatan Gelar Pertemuan Monev

"Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan wajib menyediakan unit pengaduan yang dikelola secara bersama-sama atau sendiri-sendiri oleh Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan. Sesuai dengan amanah tersebut hari ini BPJS Kesehatan kembali menggelar sosialisasi kepada fasilitas kesehatan di wilayah Kabupaten Mempawah," tutur Ridho saat kegiatan sosialiasai yang dilakukan secara daring.

Pada kegiatan tersebut, Ridho sekaligus memperkenalkan aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan Peserta (SIPP).

Melalui SIPP, tambah Ridho, semua permintaan informasi dan penanganan pengaduan dapat terdokumentasi sehingga mempercepat proses penanganan pengaduan dan pemberian informasi kepada peserta.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Harap Capaian Peserta JKN Mendekati Target Nasional

"Nantinya, melalui SIPP seluruh informasi yang telah tercatat dapat menjadi acuan bagi BPJS Kesehatan dan juga Faskes untuk semakin memperbaiki layanan kedepannya. harapannya hal ini akan dioptimalkan oleh seluruh FKTP," tambah Ridho.

Salah satu Dokter Praktik Perorangan (DPP) Humaidy mengatakan kegiatan yang dilaksanakan bisa menjadi salah satu sumber informasi bagi seluruh FKTP mitra BPJS Kesehatan.

Tingkatkan Akurasi Data, BPJS Kesehatan Pontianak Gelar Rekon Bersama 34 Satker Di Kalbar

Menurutnya, dengan diperkenalkannya aplikasi SIPP ini, bisa mempermudah FKTP dalam meningkatkan pelayanan kepada peserta.

"Melalui SIPP ini menurut saya sangat menunjang sekali untuk meningkatkan layanan kepada peserta program JKN-KIS. Dengan pemberian informasi dan pengaduan yang tercatat otomatis menjadi area of improvement sehingga BPJS Kesehatan dan Faskes dapat melayani peserta JKN-KIS dengan lebih maksimal lagi kedepannya," tutur Humaidy.

Tingkatkan Perlindungan Jaminan Kesehatan Pekerja, BPJS Kesehatan Gelar Rapat Koordinasi

Humaidy menyebut, selain dapat digunakan untuk pencatatan pemberian informasi dan penanganan pengaduan oleh fasilitas kesehatan, aplikasi SIPP juga bisa dimanfaatkan untuk memudahkan FKTP membantu pencarian data peserta serta membantu proses pendaftaran bayi baru lahir dari ibu dengan status kepesertaan JKN aktif pada segmen kepesertaan PBPU (Pekerja Mandiri), PPU (pekerja), PBIAPBN/APBD.

BPJS Kesehatan Gerak Cepat Tangani Kasus Penawaran Data di Forum Online

Sebagai informasi untuk memudahkan layanan kepada peserta JKN-KIS terutama dalam masa pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan juga telah menyediakan layanan dengan chat melalui whatsapp (Pandawa), untuk peserta yang berada di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Pontianak peserta dapat menghubungi whatsapp di nomor 0813 45089977 pada jam operasional layanan.

Cukup melalui chat dan mengikuti petunjuk admin peserta dapat mendapatkan berbagai layanan tanpa harus mengunjungi kantor BPJS Kesehatan.(FR/yl)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved