Breaking News:

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Harap Capaian Peserta JKN Mendekati Target Nasional

Jika dilihat dari tingkat kepesertaan, lanjutnya, untuk tingkat Provinsi Kalbar sudah berada di angka 72 persen. Sedangkan untuk di tingkat nasional k

TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD ROKIB
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Adiwan Qodar. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Adiwan Qodar berharap agar capaian peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Pontianak bisa mendekati target nasional.

Ia mengatakan untuk cakupan kepesertaan JKN di Kota Pontianak tercatat baru mencapai 69 persen dari jumlah penduduk sekitar 671 ribu jiwa.

Jika dilihat dari tingkat kepesertaan, lanjutnya, untuk tingkat Provinsi Kalbar sudah berada di angka 72 persen. Sedangkan untuk di tingkat nasional kepesertaan JKN sudah di angka 82,5 persen.

"Kita capaian pesertanya maksimal dan optimal mendekati nasional targetnya mendekati 82 Persen. Kalau itu sudah optimal tentu dampaknya banyak, karena finansial masyarakat saat ini kan menurun karena pandemi sehingga anggaran yang terbatas ini tidak hanya untuk kesehatan tapi untuk kebutuhan yang lain karena kesehatan sudah mempunyai jaminan," ujarnya, usai rapat koordinasi dengan pemerintah kota Pontianak, di aula SSA Kantor Wali Kota Pontianak, Senin 21 Juni 2021.

Pemkot Pontianak Dorong Capaian Jaminan Kesehatan Nasional

Dengan cakupan peserta JKN semakin luas, tentu akan banyak manfaat yang dirasakan masyarakat, satu diantaranya tidak hanya untuk kesehatan, melainkan juga untuk pemulihan perekonomian yang saat ini terdampak oleh pandemi covid-19.

Maka lanjutnya, Program JKN yang dikelola BPJS Kesehatan juga tidak terlepas dari peran pemerintah daerah untuk itu, pihaknya bersama pemerintah kabupaten/kota dan provinsi secara rutin menggelar pertemuan minimal empat kali dalam setahun untuk membahas berbagai persoalan yang dihadapi.

"Dalam forum tersebut dipaparkan perkembangan mulai dari sisi kepesertaan hingga aspek pelayanan kesehatan," sambungnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved