Breaking News:

Optimalkan Pelayanan di FKTP Melalui Kapitasi Berbasis Kinerja, BPJS Kesehatan Gelar Pertemuan Monev

pertemuan diharapkan seluruh Tim Monev yang terlibat dapat memberikan masukan rekomendasi strategis agar pelaksanaan pelayanan di FKTP semakin optimal

Editor: Nina Soraya
TRIBUN/DOK
Kegiatan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Pembayaran FKTP Berbasis Kinerja pada Kamis, 24 Juni 2021. Pertemuan yang dilakukan secara daring dan luring ini mengundang jajaran dinas kesehatan se Kalimantan Barat, Ketua Asosiasi Kesehatan, Kabidokes Polda Kalbar, Kakesdam XII/Tanjungpura, hingga Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) di Provinsi Kalimantan Barat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK  - Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan Program Jaminan Kesehatan terutama di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) BPJS Kesehatan Se- Kalimantan Barat menggelar kegiatan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Pembayaran FKTP Berbasis Kinerja pada Kamis, 24 Juni 2021.

Pertemuan yang dilakukan secara daring dan luring ini mengundang jajaran dinas kesehatan se Kalimantan Barat, Ketua Asosiasi Kesehatan, Kabidokes Polda Kalbar, Kakesdam XII/Tanjungpura, hingga Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) di Provinsi Kalimantan Barat.

Adiwan Qodar Jelaskan Upaya Pelayanan BPJS Kesehatan Selama PPKM Mikro

Deputi Direksi Wilayah Banten, Kalimantan Barat Lisa Nurena mengatakan melalui pertemuan diharapkan seluruh Tim Monev yang terlibat dapat memberikan masukan rekomendasi strategis agar pelaksanaan pelayanan di FKTP semakin optimal.

"Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) merupakan pengembangan dari sistem Pembayaran Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBKP), penerapan KBK untuk pembayaran Kapitasi di FKTP bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di FKTP serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program Jaminan Kesehatan," tutur Lisa.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Harap Capaian Peserta JKN Mendekati Target Nasional

Lisa menambahkan ada 3 indikator yang diterapkan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan peserta JKN-KIS di FKTP.

Adapun ketiga indikator tersebut adalah angka kontak, rasio rujukan kasus non spesialistik, dan rasio peserta prolanis terkendali.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dr Harrison menghimbau kepada tim monev yang hadir agar dapat memonitoring dan mengevaluasi pemenuhan baik dari sumber daya manusia maupun pemenuhan sarana dan prasarana di FKTP.

Tingkatkan Akurasi Data, BPJS Kesehatan Pontianak Gelar Rekon Bersama 34 Satker Di Kalbar

"Sinergi antara seluruh Tim Monev yang ada diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang dapat memudahkan FKTP agar dapat meningkatkan layanan melalui pencapaian 3 indikator dalam Penerapan Kapitasi Berbasis Kinerja," tutur Harisson.

BPJS Kesehatan Gelar Koordinasi Optimalisasi Pelayanan PRB Di Pontianak

Pada akhir sambutannya Harrison berpesan bahwa saat ini seluruh jajaran kesehatan masih harus terus berjuang menangani kasus Covid-19 yang cinderung meningkat kasusnya khususnya di Kalimantan Barat.

Harrison menyampaikan agar pelayanan di FKTP juga ditingkatkan dalam pelayanan Covid-19 sehingga pasien Covid-19 yang dirujuk ke rumah sakit adalah yang benar-benar membutuhkan pelayanan di tingkat lanjutan agar tidak terjadi penumpukan pasien Covid-19 di rumah sakit.(FR/yl)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved