Breaking News:

Hasil Pemuktahiran KPU, Berikut Jumlah Daftar Pemilih di Pontianak

Berdasarkan ketentuan-ketentuan di atas, pada tanggal 30 Juni 2021 Tahun 2021 KPU Kota Pontianak telah melakukan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pe

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
KPU Kota Pontianak saat melakukan pemuktahiran data pemilih yang dilaksanakan secara daring. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dalam rangka melaksanakan amanat UU No 7/2017 tentang Pemilu Pasal 20 huruf (l) bahwa KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melaksanakan Pemutakhiran dan Memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sehubungan dengan hal tersebut, KPU RI telah mengeluarkan petunjuk teknis guna melakukan Pemutakhiran Data Pemilih tahun 2021 dalam surat dinas No 132/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tanggal 4 Februari 2021 dan perubahannya melalui surat No 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tanggal 21 April 2021.

Berdasarkan ketentuan-ketentuan di atas, pada tanggal 30 Juni 2021 Tahun 2021 KPU Kota Pontianak telah melakukan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan untuk periode Triwulan II (April-Juni) 2021.

Sehubungan dengan Kondisi Covid19, maka Rakor ini dilaksanakan secara Daring.

Tandatangani Nota Kesepakatan Informasi Kepemiluan, KPU Kalbar Sebut Ini Langkah Maju

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Ketua KPU Kota Pontianak beserta Anggota (lengkap), Perwakilan dari beberapa stakeholder diantaranya Lantamal XII Pontianak, Polresta Kota Pontianak, Kodim 1207/BS Kota Pontianak, Disdukcapil Kota Pontianak.

Kementerian Agama Kota Pontianak, Rutan Kelas 2A Pontianak, Bawaslu Kota Pontianak, DPC PKB Kota Pontianak, DPC Partai Gerindra Kota Pontianak, DPC PDIP Kota Pontianak, DPD Partai Nasdem Kota Pontianak, DPC Partai Garuda Kota Pontianak, DPD Partai Keadilan Sejahtera Kota Pontianak, DPC Perindo Kota Pontianak. Rapat dimulai Pukul 13.30 sampai dengan 14.30 WIB.

Secara Kumulatif 3 bulan data yang dimutakhirkan adalah melakukan pencoretan (TMS) data pemilih karena meninggal dunia sejumlah 361 orang, yang berasal dari 6 Kecamatan dengan rincian: 87 Orang dari Kecamatan Pontianak Barat, 85 Orang dari Kecamatan Pontianak Kota, 54 Orang dari Kecamatan Pontianak Selatan, 21 Orang dari Kecamatan Pontianak Tenggara, 44 Orang dari Kecamatan Pontianak Timur dan 70 Orang dari Kecamatan Pontianak Utara.

KPU Kota Pontianak juga menambahkan Pemilih baru sejumlah 28 Orang dengan rincian 7 Orang dari Kecamatan Pontianak Barat, 7 Orang dari Kecamatan Pontianak Kota, 2 Orang dari Kecamatan Pontianak Selatan, 1 Orang dari Kecamatan Pontianak Tenggara, 4 Orang dari Kecamatan Pontianak Timur dan 7 Orang dari Kecamatan Pontianak Utara.

Berdasarkan pemutakhiran ini, maka secara Total Jumlah Pemilih pada Triwulan II menjadi 448.237 Pemilih yang terdiri dari 220.455 Pemilih Laki-laki dan 227.782 Pemilih Perempuan.

Sementara pada akhir Triwulan I tercatat Pemilih sejumlah 448.570 yang terdiri dari 220.662 Pemilih laki-laki dan 227.908 Pemilih Peempuan.

BREAKING NEWS - Kota Pontianak Berlakukan PPKM Darurat, Seluruh Tempat Usaha Tutup Pukul 20.00 WIB!

Komisioner KPU Pontianak, David Teguh menuturkan jika Pemutakhiran Data Pemilih secara Berkelanjutan (PDPB) ini merupakan upaya penting guna memperbaharui data pemilih setiap bulan dalam rangka persiapan Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024 mendatang.

"Persiapan yang lebih dini dilakukan dengan harapan kemutakhiran data kelak menjadi lebih akurat dan akuntabel," ujarnya, Kamis 1 Juli 2021.

Guna meminimalisir persoalan-persoalan yang berkaitan dengan Data Pemilih, David mengajak semua warga, khususnya warga Kota Pontianak untuk berpartisipasi dalam memperbaharui Data Pemilih jika terjadi perubahan-perubahan data dengan datang langsung ke KPU Kota Pontianak Jalan Johar No 1A Pontianak atau melalui Link https://kpu-pontianakkota.go.id/page/pemutakhiran-daftar-pemilih. (*)

(Update Informasi Seputar Kota Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved