Breaking News:

Pemkot Pontianak Ditunjuk Menjadi Percontohan Bebas Dari Pungli

Menurut Bahasan, Kota Pontianak yang menjadi daerah percontohan bebas dari pungli, tentu pihaknya akan terus melakukan langkah, satu diantaranya adala

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak hingga saat ini terus berkomitmen untuk memberantas pungutan liar (pungli).

Sebagaimana, bersama aparat penegak hukum yang tergabung dalam Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli, Kota Pontianak ditunjuk sebagai daerah percontohan bebas dari pungli.

Oleh karena itu, Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan menyampaikan, bahwa dalam upaya meminimalisir pungli, Pemerintah Kota Pontianak menerapkan sistem pertanggungjawaban yang jelas dan transparan dalam hal penganggaran.

"Kemudian selain itu, upaya inovasi dan kreatifitas harus ditopang dengan teknologi yang mumpuni. Sehingga melalui inovasi tersebut bisa menutup celah masyarakat atau oknum untuk melakukan pungli," kata Bahasan, Rabu 16 Juni 2021.

Cegah Premanisme dan Pungli, Polsek Matan Hilir Selatan Sosialisasi dan Beri Pembinaan pada Warga

Menurut Bahasan, Kota Pontianak yang menjadi daerah percontohan bebas dari pungli, tentu pihaknya akan terus melakukan langkah, satu diantaranya adalah melakukan kolaborasi dengan Tim Saber Pungli bersama jajaran Forkopimda Kota Pontianak, mulai dari tingkat kelurahan hingga pusat.

Selain itu, pihaknya juga melakukan upaya lain, yakni dengan membenahi SDM dan SOP yang ada.

"Maka peningkatan SOP dilakukan secara terus-menerus setiap tahun. Kemudian tak kalah pentingnya adalah dukungan sarana dan prasarana berbasis teknologi informasi dalam rangka mendukung upaya meminimalisir pungli di Kota Pontianak," ujarnya.

Selain itu, dalam melakukan pengawasan tindakan pungli, keterlibatan masyarakat, dikatakannya sangat diperlukan dengan menyampaikan laporan.

Hal tersebut lantaran Pemkot Pontianak juga menyediakan fasilitas berupa aplikasi dan website untuk pelaporan.

"Apabila menemukan aktivitas pungli, bisa melalui website misalnya e-Lapor dan sebagainya. Bahkan kita bisa melakukan operasi tangkap tangan apabila terjadi pungli," pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved