Breaking News:

Pengamat Pendidikan Untan Tegaskan Jika Ditemukan Pelanggaran Pelaksanaan PPDB Harus Ditindak Tegas

Ia mengatakan dari aturan yang sudah ada hendaknya dari pejabat tingkat atas sampai kebawah sinergi untuk mengawal penerapan aturan tersebut jangan sa

IST
Dr. Aswandi sebagai pengamat pendidikan Kalbar 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Pendidikan Universitas Tanjungpura (Untan), dr Aswandi mengatakan aturan terkait PPDB sudah jelas, tinggal diterapkan sesuai aturan supaya tidak terjadi masalah yang menghambat proses PPDB SMA/SMK di Kalbar.

Ia mengatakan aturan terkait PPDB sudah jelas termasuk disaat pandemi covid-19 aturan yang dikeluarkan juga telah disesuaikan.

“Tahun ini bukan tahun pertama untuk siswa mendaftar PPDB secara online. Pada tahun kedua PPDB sudah ada pengalaman dalam pelaksanaannya,”ujarnya Tribun Pontianak, Jumat 11 Juni 2021.

Ia mengatakan dari aturan yang sudah ada hendaknya dari pejabat tingkat atas sampai kebawah sinergi untuk mengawal penerapan aturan tersebut jangan sampai kecolongan.

“Jadi semuanya harus ikuti aturan terutama yang dipercayai melaksanakan PPDB dalam hal ini sekolah. Termasuk di tingkat atas sekolah yakni dinas terkait harus mengawal jangan sampai di jajaran atasnya memberi contoh yang tidak bagus,”ujarnya.

Ombudsman Apresiasi Disdikbud Kalbar Tanda Tangani Komitmen PPDB Tanpa Maladministrasi

Saat ini SMA/SMK menjadi keewenangan Pemprov Kalbar, sedangkan SD/SMP dibawah Pemerintah Kabupaten Kota.

Dikatakannya pejabat dari atas sampai bawah harus mengawal karena selama ini yang sulit, terkadang di jajaran atas masih ada masalah.

Dikatakannya agar PPDB berjalan efektif maka semua komponen masyarakat harus bersama-sama mengawal pelaksanaannya, terutama dari pemerintah, baik eksekutif, legislatif, sekolah maupun orang tua peserta didik.

“Jika ditemukan masih terjadi pelanggaran, maka jangan ragu memberi sanksi sesuai aturan yang berlaku,”tegasnya.

Sanski mudah ditegakkan, tapi yang terpenting jajaran diatas harus memberi contoh yang bagus. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Penulis: Anggita Putri
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved