Breaking News:

Ponpes Darul Ulum Tanamkan Nilai-Nilai Puasa dan Quran Pada Santri

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum Gus Nurul Mawalid menyampaikan perlunya mengimplementasikan nilai nilai luhur pelaksanaan puasa dan pesan pesan y

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ponpes Darul Ulum Kubu Raya Kalbar bersama seluruh santri putra dan putri, dewan guru juga masyarakat setempat mengikuti Peringatan Nuzulul Qur’an 1442 H, yang digelar di Masjid Al Kautsar Kebanggaan pesantren. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - 17 ramadan atau saat malam Nuluzul Quran menjadi momentum bagi Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya menanamkan nilai-nilai puasa dan Quran pada para santri.

Bahkan pada malam tersebut, para santri di Ponpes Darul Ulum itu satu hari satu malam bersama Alquran.

Hal ini menyusul kegiatan Ponpes Darul Ulum Kubu Raya Kalbar bersama seluruh santri putra dan putri, dewan guru juga masyarakat setempat mengikuti Peringatan Nuzulul Qur’an 1442 H, yang digelar di Masjid Al Kautsar Kebanggaan pesantren.

Nuzulul Qur’an kali ini mengambil tema “17 Ramadhan Satu Hari Satu Malam Bersama Al Qur'an".

Peringatan Nuzulul Qur’an diawali dengan Tarawih, I'tikaf, Qiyamullail pada malam sebelumnya, dilanjutkan dengan Tawassul Kubro dan Sima'an Al Qur'an 30 Juz dari pagi hingga sore hari yang dibaca oleh Ustaz Ahmad, S.Q, S.Th.I Pembimbing Tahfidz Pondok Pesantren Darul Ulum, rangkaian kegiatan ini ditutup dengan pembacaan tahlil dan buka bersama.

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum Gus Nurul Mawalid menyampaikan perlunya mengimplementasikan nilai nilai luhur pelaksanaan puasa dan pesan pesan yang terkandung dalam Alquran pada perilaku dan kehidupan sehari hari sehingga terwujud generasi generasi yang unggul dimasa mendatang.

Baca juga: Peringati Nuzulul Quran, Imam Besar Masjidil Aqsha Palestina Ajak Umat Islam Pedomani Al Quran

"Aktualisasi nilai-nilai puasa Ramadan dan Nuzulul Qur’an diharapkan bisa menjadi sarana semakin kuatnya keimanan, ketakwaan, juga kepedulian bersama dan kepekaan sosial guna terwujudnya santri yang berkarakter dan hebat, tatanan masyarakat yang kuat dan bangsa yang bermartabat," tutur Gus Nurul, Sabtu 1 Mei 2021 kepada Tribun.

Gus Nurul Mawalid juga mengajak masyarakat dan para santri santri Pondok Pesantren Darul Ulum dalam menghadapi wabah covid 19 ini secara bersama sama dengan semangat Alquran dan tetap optimis.

"Kebersamaan dan ketaatan atas komitmen bersama yang diajarkan Al Quran adalah modal dan solusi bagi permasalahan kita menghadapi covid 19 ini, Al Quran mengajarkan bahwa Allah tidak akan memberi cobaan yang umat ini tidak mampu memikulnya, semua ini pasti ada solusinya" papar Gus Nurul sapaan akrabnya.

Kegiatan 17 Ramadhan Satu Hari Satu Malam Bersama Al Qur'an Pondok Pesantren Darul Ulum ini berjalan dengan sukses atas kerjasama semua komponen yayasan dan dibantu juga oleh Ikatan Pelajar Pondok Pesantren Darul Ulum. (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved