Breaking News:

Gubernur Sutarmidji Masih Berlakukan Swab PCR Bagi Penumpang Pesawat di Bandara Supadio Pontianak

Sutarmidji menegaskan bahwa pihaknya masih tetap memberlakukan syarat Swab PCR wajib negatif covid-19 bagi warga yang akan masuk ke Kalbar.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji menyampaikan, terkait penanganan covid-19 di Kalimantan Barat.

Sutarmidji menegaskan bahwa pihaknya masih tetap memberlakukan syarat Swab PCR wajib negatif covid-19 bagi warga yang akan masuk ke Kalbar.

"Saya sudah ingatan juga wacana 1 april itu perjalanan pesawat menggunakan GeNice. Untuk Kalbar tetap menggunakan PCR, tidak ada penggantian apapun," kata Sutarmidji, usai pelantikan Bupati dan wakil Bupati, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Jumat 26 Februari 2021.

Baca juga: Operasi Yustisi di Melawi, Tim Gabungan Swab PCR Warga di Tempat Hiburan Malam dan Kafe

Hal tersebut, dikatakakannya lantaran pihaknya memiliki pertimbangan yang cukup kuat dengan kebijakan yang diberlakukan itu.

"Pertimbangannya begini, sebelum memberlakukan PCR yang positif viral loadnya ada yang miliaran dan bisa ratusan juta kandungan virus dalam seseorang. Setelah kita ketat dengan diberlakukan PCR, Positif tetap ada, tapi viral loadnya rendah sehingga tidak fatal," jelas Sutarmidji

Dari jumlah 33 pasien positif covid-19 yang meninggal di Kalbar, Ia sebutkan 22 orang terpapar diluar Kalbar dengan viral load yang sangat tinggi. 

"Itu yang menjadi pertimbangan kita," ujarnya. (*)

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved