Breaking News:

P3AP2KB Verifikasi Ulang Data Miskin di Kapuas Hulu

Maka dari itu, berdasarkan surat perintah Bupati Kapuas Hulu, jelas Achmad Syahrizal, data tersebut harus diverifikasi ulang, dengan dengan data yang

TRIBUNPONTIANAK/SAHIRUL HAKIM
Kabid Sosial, di Dinas Sosial, P3AP2KB Kabupaten Kapuas, Achmad Syahrizal. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kabid Sosial, di Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, KB (P3AP2KB) Kabupaten Kapuas Hulu, Achmad Syahrizal menyatakan, data pada tahun 2020 bahwa masyarakat miskin dan rentan di Kapuas Hulu mengalami penurunan, dari sebelumnya 112 ribu jiwa tahun 2019 dan turun tahu 2020 menjadi 94.531 jiwa.

"Untuk penyebab turunnya angka kemiskinan dan rentan tersebut yakni karena data yang tidak valid. Jadi ada masyarakat yang sudah meninggal, pindah dan mampu masih terdata sebagai masyarakat miskin dan rentan. Termasuk ada juga data penduduk yang ganda," ujarnya, Kamis 25 Februari 2021.

Maka dari itu, berdasarkan surat perintah Bupati Kapuas Hulu, jelas Achmad Syahrizal, data tersebut harus diverifikasi ulang, dengan dengan data yang ada di Bappeda dan Disdukcapil, sehingga hasilnya terjadilah penurunan jumlah data kemiskinan dan rentan.

"Mengapa Bupati hari mengeluarkan perintah untuk verifikasi data tersebut, karena heran mengapa jumlah masyarakat miskin dan rentan banyak, sementara bantuan yang diberikan pemerintah selama ini juga sudah banyak," ucapnya.

Baca juga: PLH Bupati Kapuas Hulu Sebut RAT Sangat Penting Dilakukan Koperasi

Menurutnya, dengan berkurangnya jumlah angka kemiskinan dan rentan tersebut, diharapkan kedepan bantuan yang diberikan pemerintah tentunya akan sangat tepat sasaran.

"Kami selalu diminta data setiap bulannya sehingga data yang ada selalu akan update dan valid," ujarnya.

Diharapkan juga, kedepan juga tidak akan ada potensi masyarakat yang double menerima bantuan pemerintah.

"Data dikami sangat lengkap nama dan tempat mereka, sehingga bila ada yang ingin melakukan pengecekkan warga miskin dan rentan kami bisa menunjukkan langsung tempatnya," ungkapnya. (*)

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved