Breaking News:

Apa Itu Penyakit Scabies, Berikut Penjelasan dan Berikut Cara Mencegahnya

Penyakit kulit yang diderita oleh warga di salah satu daerah di Kota Pontianak dikenal dengan nama Scabies, atau dikenal sebagai kudis yang merupakan

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengunjungi warga di Gang Pisang Berangan Jalan Apel yang ramai terjangkit penyakit Skabies (penyakit kulit), Rabu 17 Februari 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Halo Bun, mohon penjelasannya. Terkait muncul penyakit kulit di Pontianak. Sebenarnya, jenis penyakit ini seperti apa dan ditularkan dari apa. Lalu bagaimana untuk pencegahannya agar kita bisa antisipasi. Mohon informasinya.

Terima kasih

08956672xxxx

Penyakit kulit yang diderita oleh warga di salah satu daerah di Kota Pontianak dikenal dengan nama Scabies, atau dikenal sebagai kudis yang merupakan penyakit kulit sangat gatal, disebabkan oleh parasit atau tungau Sarcoptes scabiei. 

Parasit sarcoptes scabiei ini bersarang dibawah kulit manusia. Parasit ini berukuran 0,5 mm. 

Tungau betina yang telah dibuahi menggali terowongan dalam stratum korneum kulit dengan kecepatan 2-3 mm sehari sambil meletakkan 2-4 butir telur sehari, hingga mencapai jumlah 40 hingga 50 telur. Telur-telur ini akan menetas biasanya dalam waktu 3-5 hari dan menjadi larva.

Baca juga: E-Form BRI Cek Pencairan BPUM BRI, Akses Eform UMKM Cek NIK KTP | Terakhir Besok 18 Februari 2021?

Rasa gatal yang dialami oleh penderita dikarenakan sensitisasi tubuh terhadap produk tungau ini seperti telur, kotoran, liur, atau produk cairan lainnya yang ditinggalkan dibawah kulit penderita.

Penyakit ini bersifat menular dan umumnya menyerang sekelompok orang, misalnya pada perkampungan padat penduduk atau penghuni asrama. 

Skabies ditularkan melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Kontak langsung dapat terjadi melalui jabat tangan, tidur bersama, kontak kulit ke kulit. 

Kontak tidak langsung terjadi bila individu yang menderita skabies bertukar benda dengan individu sehat, seperti handuk, pakaian, selimut, bantal dan seprei.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved