Breaking News:

UPB Pontianak Implementasikan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Tahun Ajaran Baru 2021

Ia menyebutkan jika dalam KKN tersebut terdapat magang, dan kerja di daerah. Meskipun nanti dalam prakteknya mahasiswa dapat melangsungkan proses KKN

TRIBUNPONTIANAK/Rizki Fadriani
Rektor Universitas Panca Bhakti , Dr. Purwanto, S.H., M.Hum, FCBArb dan Pembantu Rektor III UPB, Dr. Ir. Sigit Sugardi, MP., dalam Triponcast yang tayang live di Instagram Tribun Pontianak dan Facebook Tribun Pontianak Interaktif, Senin 25 Januari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Triponcast (Tribun Pontianak Official Podcast) edisi Bebincang Kampus, dengan tema "Persiapan UPB Menuju Merdeka Belajar-Kampus Merdeka" menghadirkan Rektor Universitas Panca Bhakti , Dr. Purwanto, S.H., M.Hum, FCBArb dan Pembantu Rektor III UPB, Dr. Ir. Sigit Sugardi, MP.

Dalam Triponcast yang tayang live di Instagram Tribun Pontianak dan Facebook Tribun Pontianak Interaktif, Pembantu Rektor III UPB, Dr. Ir. Sigit Sugardi, MP, menyampaikan jika proses pengimplementasian Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) oleh Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak di masa pandemi seperti saat ini, ialah program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Ia menyebutkan jika dalam KKN tersebut terdapat magang, dan kerja di daerah. Meskipun nanti dalam prakteknya mahasiswa dapat melangsungkan proses KKN di kampung halaman, kurikulumnya tetap tidak menyalahi aturan karena UPB Pontianak memiliki standar yang mengacu pada standar nasional.

Baca juga: Siap Laksanakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, UPB Pontianak Targetkan Kampus Cyber

Dengan adanya MBKM, pihaknya menjalin hubungan kerjasama dengan daerah yang sebelumnya belum pernah. Dan jika daerah tersebut memiliki perusahaan, pihaknya akan menitipkan mahasiswanya untuk program KKN.

"Oleh karena itu, sekarang kita sisir semua perusahaan itu mereka bisa jadi patner kita. Jadi kita buka sekarang kerjasama. Kita sekarang sedang mengotak ngatik cara agar mereka dapat reporting. Dengan kampus cyber ini kita mudahkan karena bisa saja anda tetap di sana," ungkapnya menjelaskan proses KKN MBKM.

Dalam proses MBKM, pihaknya menyiapkan kurikulum, sarana prasarana, dosen yang mampuni, meskipun untuk menyatukan semua dosen itu tidaklah mudah. 

"Intinya Merdeka Belajar-Kampus Merdeka akan kita mulai model yang pertama, yaitu magang yang awalnya 1-2 bulan, bisa 1-2 semester yang nanti ujungnya di skripsi. KKN ini kita juga sudah join dengan beberpa kabupaten karena di sana bukan hanya KKN semata namun membawa misi untuk pengabdian kepada masyarakat demi memecahkan masalah di kabupaten tersebut," tutupnya.

Rektor Universitas Panca Bhakti , Dr. Purwanto, S.H., M.Hum, FCBArb, juga menjelaskan jika MBKM ini tidaklah jalan sembarangan, melainkan bentuk dari implementasi dari regulasi yang ada, dengan struktur kurikulum yang adaptif terhadap MBKM ini. 

"Lalu ujung tombak ini berada di prodi, persepsi mindset para dosen harus kita rubah untuk menyesuaikan dengan semangat atau filosofi dari merdeka belajar-kampus merdeka," tuturnya. (*)

Penulis: Rizki Fadriani
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved