Breaking News:

Pilkada 2020

Hasil Pleno KPU, Darwis - Rizal Unggul Tak Lebih 10 Ribu dari Martinus - dr. Carlos

Pelaksanaan rapat pleno terbuka hasil penghitungan suara ditingkat Kabupaten Bengkayang berjalan aman lancar.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Suasana saat KPU Kabupaten Bengkayang menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil pilkada di Bengkayang tahun 2020 pada Selasa 15 Desember 2020. IST 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - KPU Kabupaten Bengkayang menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil pilkada di Bengkayang tahun 2020 pada Selasa 15 Desember 2020.

Berdasarkan hasil rapat pleno yang selesai dimalam hari, paslon Sebastianus Darwis - Syamsul Rizal meraih suara tertinggi dan unggul sekitar 6.872 suara dari paslon peraih suara tertinggi kedua yakni Martinus-dr. Carlos Djaafara.

Adapun berdasarkan hasil pleno tersebut, Sebastianus Darwis - Syamsul Rizal meraih 44.955 suara, Mok Fo Tjhiu - Aliong meraih 14.338 suara, Martinus - dr.Carlos Djaafara meraih 38.083 suara, dan Herman Ivo - Yohanes Pasti meraih 20.608 suara.

Adapun jumlah total suara sah sebanyak 117.984, suara tidak sah 3.707 dan total keseluruhan ialah sebanyak 121.691.

Baca juga: Merasa Keberatan, Saksi Paslon Nomor 2 Tak Tanda Tangani Berita Acara Hasil Pleno Tingkat Kabupaten

"Sesuai dengan regulasi maka kami menetapkan hasil perolehan suara, kalau untuk penetapan pasangan calon tentu menunggu apakah ada gugatan dari paslon yang berkontestasi terhadap hasil penghitungan yang sudah ditetapkan. Jika tidak, maka kami akan menetapkan paslon tersebut," kata Ketua KPU Bengkayang Musa Jairani, Rabu 16 Desember 2020.

Diterangkannya, peraturan menyebutkan bahwa setiap paslon masih memiliki waktu 3x24 jam untuk melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) apabila tidak puas dengan hasil pleno yang telah ditetapkan.

"Apabila tidak ada gugatan maka kita akan menetapkan pasangan calon terpilih setelah MK mengeluarkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) paling lambat 3 hari sejak BRPK dikeluarkan," timpal Musa.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika pelaksanaan rapat pleno terbuka hasil penghitungan suara ditingkat Kabupaten Bengkayang berjalan aman lancar.

Seluruh saksi paslon hadir mulai dari tahap awal hingga akhir sampai penyerahan berita acara.

Semua saksi juga menandatangani berita acara tersebut, sehingga tidak ada hal yang tidak diinginkan dan semua sesuai dengan harapan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved