Breaking News:

Penanganan Covid

Pemerintah Kemungkinan Tiadakan Libur Panjang pada Akhir Tahun

Menurut Wiku apabila masyarakat abai terhadap protokol kesehatan, maka pemerintah bisa saja meniadakan libur panjang akhir tahun.

TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemerintah membuka kemungkinan tiadakan libur panjang pada akhir tahun 2020, apabila kasus Covid-19 melonjak.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa ada atau tidaknya libur panjang pada akhir tahun sangat bergantung pada kedisiplinan masyarakat.

Baca juga: IDAI Sebut Anak Punya Peluang Tularkan Covid-19 di Lingkungan Keluarga

"Jadi, keputusan terkait libur panjang walaupun ditentukan oleh pemerintah namun prinsipnya sangat bergantung pada kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan 3M terutama di masa-masa liburan," kata Wiku dalam konferensi pers virtual dari Kantor Sekretariat Presiden, Kamis 19 November 2020.

Menurut Wiku apabila masyarakat abai terhadap protokol kesehatan, maka pemerintah bisa saja meniadakan libur panjang akhir tahun.

Baca juga: BUAYA Raksasa Panjang 3,4 Meter Ditangkap Warga, Begini Cara Menangkapnya & Lihat Penampakannya

Sikap tegas pemerintah tersebut menurut Wiku tidak terlepas dari pengalaman adanya lonjakan kasus Covid-19 setelah libur panjang pada Agustus lalu.

Lonjakan tersebut terjadi karena masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Sutarmidji Permudah Izin Investasi di Kalbar dan Lakukan Percepatan Pelayanan 

"Apabila masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan sehingga kasus meningkat, maka tentu ada konsekuensi terhadap keputusan yang diambil pemerintah terkait masa libur akhir tahun.

Kami belajar dari segala pengalaman dari liburan yang sudah terjadi di masa Covid-19 dan ini menjadi pembelajaran bersama untuk hadapi aktivitas liburan di masa yang akan datang," katanya.

Wiku mengatakan keputusan pemerintah tersebut sebagai upaya untuk melindungi masyarakat dari penularan Covid-19.

Baca juga: Bunda PAUD Kalbar Gelar Kegiatan Sosialisasi PAUD Serta Peran Bunda PAUD di Masa Pandemi Covid-19

Mengingat, Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir.

"Terlepas dari diberlakukan, dipersingkat, atau ditiadakan libur akhir tahun ini, keputusan yang diambil pemerintah tentu dalam upaya melindungi masyarakat dari potensi penularan Covid-19 . Ingat, keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi," pungkasnya.

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. Tribunpontianak.co.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dengan sabun, dan wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul https://www.tribunnews.com/corona/2020/11/19/kasus-covid-19-terus-meningkat-pemerintah-kemungkinan-tiadakan-libur-panjang-akhir-tahun

Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved