Breaking News:

Virus Corona Masuk Kalbar

Gubernur Kalbar Sutarmidj Minta Calon Bupati 7 Daerah Kampanyekan Protokol Kesehatan Lawan Covid-19

Sambas, Bengkayang, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu dan Ketapang tengah bergelut dalam pesta lima tahunan tersebut.

HUMAS PEMPROV KALBAR
Gubernur Kalbar Sutarmidji saat menghadiri Acara Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 dengan tema “Pahlawan Di Era Milenial adalah Pahlawan Yang Memutus Mata Rantai Covid-19" di Aula Kantor Desa Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Senin (02/11/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -  Saat ini di ada beberapa daerah di Kalimantan Barat tengah melakukan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah.

Sebut saja Sambas, Bengkayang, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu dan Ketapang yang tengah bergelut dalam pesta lima tahunan tersebut.

Gubernur Kalbar Sutarmidji meminta pada setiap calon kepala daerah di tujuh daerah tersebut untuk mengkampanyekan mengenai protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Ia memberikan saran pada setiap calon kepala daerah agar menyampaikan pada masyarakat tentang menjaga jarak dan menghindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun serta memakai masker.

"Calon kepala daerah jangan takut untuk mengkampanyekan protokol kesehatan, sambil kampanye dan berikan edukasi pada warga agar mereka menjaga kesehatannya dan terhindar dari penularan Covid-19," ucap Sutarmidji Senin 9 November 2020.

Lebih lanjut disampaikannya jangan sampau abai terhadap Prokes yang ada, bersama lawan Covid-19.

Baca juga: Penyusunan APBD 2021 Disarankan Selaras Dengan APBN

Baca juga: Pagi Sambut Baik Rakor Penanggulangan Bencana Alam Oleh Polres Mempawah

Pontianak Zona Oranye

Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji menyampaikan bahwa Kota Pontianak yang awalnya berada pada zona merah kini sudah berubah menjadi zona oranye penyebaran Covid-19, Senin 9 November 2020.

Berdasarkan data dari Diskes Provinsi bahwa hanya Kabupaten Ketapang yang masih bertahan di zona kuning dengan persentase 2.47. Sedangkan daerah lainnya berada pada zona oranye.

Adapun daerah yang berada pada zona oranye penyebaran Covid-19 adalah Kota Pontianak, Kota Singkawang, Mempawah, Bengkayang, Landak, Sanggau, Sekadau, Kubu Raya, Melawi, Sintang, Kapuas Hulu, Sambas, Kayong Utara.

"Alhamdulillah Kota Pintuanak sudah zona oranye artinya sudah turun dari merah ke oranye, tapi hampir seluruh daerah di Kalbar berada pada zona oranye kecuali Ketapang yang masih di zona kuning,” ujar Sutarmidji, Selasa 9 November 2020.

Ia mengatakan melihat kondisi seperti ini tentu untuk penanganan Covid-19 daerah di Kalbar akan lebih ketat lagi dengan harapan minggu depan daerah di zona oranye sudah banyak berubah menjadi zona kuning.

“Kita akan back up kota dan seluruh kabupaten. Saya bersama Pangdam dan Kapolda akan turunkan pasukan mulai dari Satpol PP, TNI Polri untuk terus diperketat,” tegas Sutarmidji.

Ia menjelaskan bahwa dari aturan pusat selama ini telah terbentuk Satgas Pusat, sedangkan di daerah ada Satgas Provinsi dengan peraturan gubernur.

“Jadi Pergub jangan diributkan karena operasionalnya adalah di Perwa dan Perbup karena yang punya rakyat dan wilayah adalah bupati dan wali kota,” jelasnya.

Penulis: Syahroni
Editor: Syahroni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved