Breaking News:

Berhasil Amankan Tersangka PETI, DPRD Singkawang Apresiasi Polres

Dia berpendapat, PETI Merupakan fenomena yang kontroversi di masyarakat, disatu sisi Pertambangan emas tanpa izin ini membahayakan lingkungan karena a

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Berhasil Amankan Tersangka PETI, DPRD Singkawang Apresiasi Polres
TRIBUNPONTIANAK/RIZKI KURNIA
Anggota DPRD Kota Singkawang, Anewan.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Anggota DPRD Kota Singkawang, Anewan mengapresiasi keberhasila Polres Singkawang yang berhasil mengamankan para tersangka pelaku PETI.

Dia berpendapat, PETI Merupakan fenomena yang kontroversi di masyarakat, disatu sisi Pertambangan emas tanpa izin ini membahayakan lingkungan karena adanya mercuri yang dipakai saat penambangan akan berdampak pada pencemaran lingkungan.

"Unsur senyawa Mercuri, menurutnya sangat berbahaya apalagi jika mencemari air yang mengalir ke sumber air masyarakat untuk di konsumsi," papar Anewan.

Baca juga: Pengakuan Pekerja PETI: Kalau Dapat Digaji, Kalau Tidak ya Tak Digaji

Akan tetapi, kata Anewan, di lain pihak, penambangan emas ini merupakan mata pencaharian bagi masyarakat, khususnya masyarakat tradisional sangat bergantung dengan penambangan emas ini untuk menghidupi keluarganya.

"Secara Hukum saya mendukung penertiban terhadap PETI ini akan tetapi selaku wakil rakyat saya juga meminta Pemerintah dapat mencarikan solusinya agar masyarakat yang bergantung pada PETI dapat melanjutkan hidupnya.

Fenomena ini, kata dia, semestinya diselesaikan dengan bijak oleh pemerintah daerah yang adalah 'orang tua' dari masyarakat Kota Singkawang.

Hal ini merupakan keharusan bagi Pemerintah Daerah agar lingkungan tidak tercemari dan masyarakat pun memiliki mata pencaharian untuk kehidupannya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved