Breaking News:

Kampanyekan Yuk Nabung Saham, BEI Fasilitasi Masyarakat Miliki Rekening Tabungan Gratis

Saham merupakan satu di antara produk pasar modal yang menjadi salah satu instrumen investasi untuk jangka panjang

Penulis: Septi Dwisabrina | Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ SEPTI DWISABRINA
Kakanwil IDX Wilayah Kalimatan Barat, Taufan Febiola dan Ketua Umum Perkumpulan Profesi Pasar Modal Indonesia (PROPAMI) Wilayah Kalimantan Barat, Nurul Uyun dalam sesi bebincang Inklusi Keuangan terkait Cara Mudah Nabung Saham di Tribun Pontianak Official Podcast (Tripon Cast), Kamis 8 Oktober 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK- Mengingat saat ini, Indonesia terutama Kalimantan Barat dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga event tahunan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2020 yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Barat dilakukan secara virtual.

Mengangkat tema Satukan Aksi Keuangan Inklusif Untuk Indonesia Maju (AKSESKU) OJK Kalbar mengajak masyarakat luas ikut berpartisipasi berbagai kegiatan yang digelar selama bulan Oktober 2020.

Satu di antaranya adalah bebincang "Nabung Saham Itu Mudah" disiarkan live melalui media sosial Tribun Pontianak Official Podcast (Tripon Cast), Kamis 8 Oktober 2020.

Kakanwil IDX Wilayah Kalimatan Barat, Taufan Febiola mengungkapkan Bursa Efek Indonesia (BEI) mengajak seluruh masyarakat Indonesia, terutama Kalimantan Barat melalui kampanye Yuk Nabung Saham (YNS) untuk mulai berinvestasi di pasar modal.

Ajak Perusahaan Property Kalbar Manfaatkan Pasar Modal Sebagai Sumber Pendanaan

"Saham merupakan satu di antara produk pasar modal yang menjadi salah satu instrumen investasi untuk jangka panjang. Tentunya telah banyak yang memanfaatkan produk ini, satu di antaranya adalah generasi muda, kaum milenial. Sebagian besar mereka memanfaatkan peluang ini," ujarnya kepada Tribun Pontianak, Kamis 8 Oktober 2020.

Dengan memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai seluk beluk investasi pasar modal, BEI ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya berinvestasi saham, menaikkan jumlah investor lokal serta mensejahterakan perekonomian masyarakat Indonesia.

Kini, masyarakat Kalimantan Barat yang ingin terjun di dunia bursa dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan. Taufan menerangkan, Bursa Efek Indonesia memberikan akses fasilitas untuk masyarakat memiliki tabungan rekening saham secara gratis.

"Mereka bisa membuka, dengan memiliki KTP dan NPWP. Kemudian, mereka bisa menghubungi perusahaan sekuritas secara online. Karena pembukaan rekening saham saat ini, sudah bisa dilakukan via online menggunakan aplikasi, tanpa harus secara fisik ke kantor Bursa Efek ataupun perusahaan sekuritas," jelasnya.

Lomba Menulis Resensi Video Literasi BIK OJK Kalbar 2020 Berhadiah Jutaan Rupiah, Ini Syaratnya

Lebih lanjut, Taufan mengatakan
setelah masyarakat membuka rekening tabungan saham, kemudian diarahkan kepada sistem perdagangan online, untuk bisa mengakses data di Bursa Efek Indonesia.

Menurut Taufan, masyarakat tidak perlu takut dalam memulai belajar mengenai saham, sebagai pemula. Semua fasilitas ini akan didapatkan secara gratis.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved