Breaking News:

Tribun Pontianak Wiki

Profil Pontinesia, Optimalkan Dokumentasi Digital dan City Branding Kota Pontianak

Ridho mengatakan ide hadirnya Pontinesia dilatarbelakangi oleh dokumentasi digital Kota Pontianak yang kala itu belum optimal.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Pontinesia didirikan oleh dua anak muda Pontianak Ridho Brilliantoro dan Enda Esyudha 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bertajuk “dari Pontianak untuk Indonesia”, Pontinesia hadir membantu meningkatkan kualitas informasi digital berbasis keberagaman potensi lokal dan kemajuan Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Pontinesia, berdiri sejak 22 Februari 2014 sebagai campaign dan movement (pergerakan) digital anak muda Pontianak, dengan meluncurkan platform website (http://pontinesia.com/) yang berisi tentang keberagaman potensi lokal dan dokumentasi digital Kota Pontianak. 

Didirikan oleh dua anak muda Pontianak, Ridho Brilliantoro dan Enda Esyudha Pratama, Pontinesia awalnya merupakan weekend project saat mereka menempuh pendidikan di Kota Bandung, Jawa Barat. 

Pada pertengahan tahun 2015, pengembangan Pontinesia dibantu oleh rekan mereka Iqbal Adiyat, Adhitya Teguh Nugraha dan Dedy Ashardi.

Ridho mengatakan ide hadirnya Pontinesia dilatarbelakangi oleh dokumentasi digital Kota Pontianak yang kala itu belum optimal. 

Bupati Atbah Launching Desa Digital di Kecamatan Tebas

Ia merasa informasi belum cukup menggambarkan perkembangan dan kemajuan Kota Khatulistiwa yang representatif berdasarkan penelusuran google. 

Selain memproduksi konten-konten digital tematik, baik dalam format foto, video maupun grafis, Pontinesia juga berkolaborasi dan melibatkan peran anak-anak muda Pontianak dalam bentuk campaign digital melalui crowdsourcing. 

Konten crowdsourcing tersebut dikurasi, kemudian didistribusikan melalui platform digital, antara lain website dan berbagai channel media sosial Pontinesia.

Adapun konten terbagi menjadi beberapa jenis, yakni konten pariwisata, perkembangan pembangunan kota, aktivitas komunitas anak muda serta profil bisnis lokal. 

Pontinesia mencoba mengangkat sisi unik dan kreatif terhadap suatu objek dalam penyajian konten yang diproduksi.

Halaman
123
Penulis: Maskartini
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved