Ketua IBI Pontianak Minta Bidan Tingkatkan Pelayanan

Peningkatan pelayanan yang perlu ditingkatkan oleh para bidan, mulai dari pelayanan masyarakat, ibu hamil, ibu melahirkan, dan bagi para anak.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ Muhammad Rokib
Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Pontianak, Ida Nurul Aini, A.Md.Keb.SKM. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Pontianak, Ida Nurul Aini, A.Md.Keb.SKM menyampaikan kepada para bidan di Kota Pontianak bertepatan pada Hari Ulang Tahun (HUT) IBI ke 69 harus lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, terkhusus bagi para Ibu dan anak.

Disampaikannya yang terpenting bagi para bidan adalah kerjasama antar bidan dan masyarakat.

Sebagaimana telah menjadi tema besar dari IBI pusat ialah "Bergerak Bersama Untuk Indonesia Maju" dam juga memang telah diatur dalam undang-undang tentang kebidanan nomor 4 tahun 2009.

Sambas Bertambah 3 Kasus Konfirmasi Positif Covid-19, Dua Bidan dan Satu Warga

"Bidan tidak hanya sebatas bidan saja, tapi bidan juga menyangkut kepada profesi kebidanan sebagai praktisi, sebagai menagemen, sebagai pendidik, dan sebagai advokasi," jelasnya, Rabu (24/6/2020).

Peningkatan pelayanan yang perlu ditingkatkan oleh para bidan, mulai dari pelayanan masyarakat, ibu hamil, ibu melahirkan, dan bagi para anak.

"Semua itu sudah diatur dalam undang-undang dan sebagai sistem reporoduksi, bidan melayani ibu sejak lahir hingga lansia. Jadi memamg bidan tetap bergerak secara bersama melayani masyatakat," jelas Ida Nurul Aini.

Terkhusus ditengan pandemi covid-19 ini harus ditunjukkan mepada semua masyarakat.

Namun pelayanan itu dapat juga dilakukan melalui hal yang kecil seperti keluarga dan kalangan masyarakat pada umumnya.

Ia pun menyarakan kepada para Ibu maupun masyarakat lainnya agar menjaga kebersihan dan kesehatan keluarganya.

"Terkhusus bagi ibu hamil harus menjaga kebersihan dan kesehatan dengan mengatur pola makanan yang sehat dan bergizi. Inilah yang menjadi tugas bidan sebagai advokasi karena ibu bagian reporoduksi," jelas Ida Nurul Aini.

New Normal, Begini Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi Sambas

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved