Virus Corona Masuk Kalbar

Terima Tambahan 1000 Rapid Test, Diskes Sanggau Akan Lakukan Uji Secara Bertahap

Kriteria untuk orang yang dilakukan Rapid Tes, kata Ginting, Yang pertama adalah orang-orang yang pernah kontak langsung dengan yang terkonfirmasi.

TRIBUN PONTIANAK/Hendri Chornelius
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan Rapid Test sesuai dengan prosedur yang dianjurkan.  

"Yang pertama nanti tenaga kesehatan akan kita rapid tes, semua orang yang sudah kontak dengan pasien dalam pengawasan. 

Supaya kita tidak terlalu menunggu lama hasil swab, untuk kita tahu siapa yang reaktif dan tidak reaktif,"katanya, Rabu (8/4/2020).

Kriteria untuk orang yang dilakukan Rapid Tes, kata Ginting, yang pertama adalah orang-orang yang pernah kontak langsung dengan yang terkonfirmasi. 

"Itu wajib, kemudian yang kedua adalah keluarga dekatnya. Jadi lapis kedua, lalu kita telusuri lagi kalau terbentuk disitu klaster.

Misalnya dia sudah terkonfirmasi ataupun dia sudah reaktif, lalu sebelumnya ternyata dia ikut seminar atau ikut perkumpulan apa.

Jadi satu kumpulan itu, klaster itu akan kita Rapid Tes, itu untuk masyarakat,"ujarnya.

Pemdes Setawar Sekadau Hulu Bersyukur Dapat Bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19 dari PT Aan

Terus untuk tenaga kesehatan, yang pertama adalah orang yang berhubungan langsung dengan pasien. Kemudian untuk mereka yang melakukan tracking, dia mencari orang, menelusuri jejak. 

"Ini setiap Puskesmas ada, dan kita sudah bentuk minimal 3 orang. Itu kita Rapid Tes, kemudian orang-orang yang dalam pelayanan, baik dirawat inap, rawat jalan.

Itu kita Rapid Tes, artinya setiap tenaga kesehatan yang banyak berhubungan dengan orang lain dan banyak kontak dengan masyarakat, itu yang diutamakan,"ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved