Human Interest Story

SMK Koperasi Pontianak Makin Berbenah, Siapkan Enam Ruang Belajar untuk Siswa Baru

Sebagai sekolah swasta, SMK Koperasi juga harus memiliki kiat-kiat khusus dalam menjaring siswa.

istimewa
Kepala sekolah , jajaran pengajar bersertifikasi yang menjadi pengawas, dan para siswa SMK Koperasi sebelum pelaksanaan UNBK-USBN-UKK, belum lama ini 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Made Gunarsih

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - SMK Koperasi Pontianak tahun ini akan fokus menyelenggarakan tiga program keahlian, yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Bisnis Daring Pemasaran (BDP), dan Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL).

Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021, SMK Koperasi Pontianak telah menyiapkan enam ruangan belajar(rumbel) dan sistim daring (online) dalam penyeleksiannya .

Kepala SMK Koperasi Pontianak, Hendra Suhermanto SSos memberi pengarahan kepada peserta didik
Kepala SMK Koperasi Pontianak, Hendra Suhermanto SSos memberi pengarahan kepada peserta didik (istimewa)

Kepala SMK Koperasi Pontianak, Hendra Suhermanto SSos menyampaikan, jumlah enam ruang belajar untuk siswa baru tersebut sesuai dengan daya tampung sekolah yang terletak Gg Tebu III, Jl Kom Yos Soedarso, Pontianak Barat ini.

“Untuk siswa baru tahun ajaran 2020/2021 kita juga menyiapkan metode daring. Artinya siswa tidak harus datang ke sekolah untuk mendaftar. Ini berkaitan dengan edaran pemerintah yang menghindari perkumpulan orang,” kata Hendra saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (1/4/2020).

siswa program Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) SMK Koperasi melaksanakan latihan di laboratorium komputer sekolah
siswa program Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) SMK Koperasi melaksanakan latihan di laboratorium komputer sekolah (istimewa)

Selain menerima siswa baru lebih awal daripada sekolah lain, pihaknya juga berupaya menarik siswa dengan menyebarkan brosur ke sejumlah SLTP.

Menurut Hendra, upaya awal itu dimaksudkan untuk menarik banyak siswa masuk ke sekolah tersebut. Sebagai sekolah swasta, SMK Koperasi juga harus memiliki kiat-kiat khusus dalam menjaring siswa. Pasalnya selama ini, sekolah swasta cenderung hanya mendapatkan sisa siswa yang tidak diterima di sekolah negeri.

“Sepuluh persen guru-guru kita telah memiliki sertifikasi kompetensi mengajar guna penguatan tiga program, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Bisnis Daring Pemasaran (BDP) dan Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL),” terangnya

Para siswa SMK Koperasi Pontianak mengerjakan keterampilan dasar sekolah
Para siswa SMK Koperasi Pontianak mengerjakan keterampilan dasar sekolah (istimewa)

Tidak hanya itu, fasilitas pendukung praktik siswa juga sudah cukup lengkap seperti laboratorium komputer dan laboratorium kerja siswa serta perpustakaan dan fasilitas pendukung lainnya.

“Sebagai sekolah kejuruan yang fokus pada bidang pemasaran, SMK Koperasi juga melakukan kerjasama sama dengan beberapa tempat dalam mempermudah proses magang siswa seperti Swalayan Mintra Anda dan Garuda Mitra,” tuturnya.

Para siswa SMK Koperasi meraih sertifikat kelayakan kerja setelah melakukan magang di beberapa swalayan besar di Kota Pontianak, belum lama ini
Para siswa SMK Koperasi meraih sertifikat kelayakan kerja setelah melakukan magang di beberapa swalayan besar di Kota Pontianak, belum lama ini (istimewa)
Halaman
12
Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved