Antisipasi Virus Corona, KBIHU Arafah Terapkan Manasik Haji Online

Karena saat ini tidak bisa kumpul bersama atau melakukan perkumpulan dikeramaian.

TRIBUN PONTIANAK/Muhammad Rokib
Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Arafah sekaligus Direktur Utama PT Muzdalifah, Ahmad Kholil saat diwawancarai oleh Wartawan Tribun di ruang kerjanya di PT Muzdalifah Jalan Martadinata, Pontianak Barat, Kalbar, Kamis (19/3/2020). -- 

PONTIANAK - Beredar surat dari Kerajaan Arab Saudi Biro Menteri yang dialamatkan pada Menteri Agama RI pada Kamis (19/3/2020). 

Surat tersebut mengintruksikan agar Kantor Urusan Haji negara, agar bisa bersabar menunggu kepastian kebijakan ibadah haji 2020 atau 1441 Hijriyah.

Selain itu, juga dijelaskan terkait pelunasan biaya perjalanan ibadah haji,bahwa tahap pertama pelunasan tersebut pada 19 Maret hingga 17 April 2020.

Kemudian untuk tahap kedua dibuka pada 30 April 2020 hingga 15 Mei 2020.

Merespon dari hal tersebut, Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arafah sekaligus Direktur Utama PT Muzdalifah Pontianak Kalbar, Ahmad Kholil menyampaikan kepada seganap jamaah haji yang telah mendapatkan porsinya, khususnya Kalbar agar segera melakukan pelunasan.

"Departeman agama sudah ada surat edaran untuk melunasi biaya haji tahun ini.

Karena imbauan ini ditujukan kepada kuota pasti," ungkap Kholil kepada Tribun, di kantornya PT Muzdalifah Jalan Martadinata, Pontianak, Kalbar, Kamis (19/3/2020).

"Dengan persyataan yang telah ditentukan dan istitoah dan keuangan istitoah harus dipersiapkan dari sekarang datanglah ke Bank seperti datang pada porsi awal dan bukti pembayarannya dilaporkan ke kementiaran agama sesuai domisilinya masing-masing," jelas Kholil.

Arab Saudi Masih Lockdown, Kemenag Kalbar Tetap Berikan Pelayanan Haji

Kemudian, lebih lanjut Kholil menjelaskan setelah jamaah selesai melakukan pembayaran di Bank, maka nantinya akan ada supornir terkait dengan kesiapan seperti seragam haji dan lain sebagainya.

"Tahap berikutnya untuk melaporkan bahwa yang bersangkutan sudah melakukan penulasan setelah melapor akan melakukan manasik haji nya," kata Kholil.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved