Gaya Hidup Milenial, Pakai QRIS Makin Praktis

Misalnya, satu kode di satu penjual merchant bisa di-scan untuk membayar menggunakan Go-Pay atau Ovo.

TRIBUN PONTIANAK/ ISTIMEWA
Aplikasi QRIS 

PONTIANAK- Transaksi digital kian digandrungi sebagai bagian gaya hidup. Studi The Next Cashless Society yang dilakukan Ipsos Indonesia, perusahaan riset pemasaran independen, mengungkapkan bahwa ada tiga motivasi dan karakter yang membuat konsumen gemar menggunakan alat pembayaran digital.

Pertama, konsumen tidak takut akan pembayaran nontunai (reassure). Kedua, konsumen menikmati pembayaran nontunai dan memperkaya hidup (encourage).

Ketiga, konsumen beranggapan bahwa pembayaran nontunai adalah hal baru yang mengikuti perkembangan zaman (inspire).

Melihat potensi yang ada pada model pembayaran QR Code serta untuk mendukung perkembangan ekonomi digital, Bank Indonesia selaku regulator sistem pembayaran di Indonesia bekerja sama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) meluncurkan QRIS yang merupakan singkatan dari "Quick Response Code Indonesia Standard".

Melalui sistem QRIS yang berstandar internasional, pembayaran digital menjadi lebih mudah serta dapat diawasi oleh regulator dari satu pintu, dan semua aplikasi dari Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) bisa saling baca atau transaksi, termasuk PJSP milik asing.

Implementasi QRIS dalam skala nasional sudah berlaku secara efektif pada 1 Januari 2020. QR Code ini berfungsi agar satu kode bisa dipakai melalui layanan pembayaran yang berbeda.

Terjadi Getaran 2 Detik di Sepan Kebantan dan Ketungau Hilir, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Misalnya, satu kode di satu penjual merchant bisa di-scan untuk membayar menggunakan Go-Pay atau Ovo.

Dengan menggunakan QRIS, tidak perlu lagi punya banyak kode QR di usahamu, karena pembayaran kode QR dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran bisa dilakukan dengan satu kode QR.

Ditambah, QRIS menggunakan kode QR standar internasional EMV Co. yang sudah dipakai di berbagai negara seperti India, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan. Jadi, usaha yang sudah menggunakan QRIS juga dapat menerima pembayaran langsung dari aplikasi pembayaran mereka.

Kepala Bank Indonesia Kalbar, Agus Chusaini, membeberkan penggunaan QRIS sebagai transaksi pembayaran elekronik memiliki keunggulan sehingga memberi kemudahan saat transaksi.

Halaman
123
Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved