Pemerintah Lakukan Sensus Penduduk, Bahasan Harap Masyarakat Dukung Proses Sensus

Tujuan sensus penduduk 2020 yakni menyediakan data, jumlah, komposisi persebaran dan karekteristik penduduk Indonesia

Pemerintah Lakukan Sensus Penduduk, Bahasan Harap Masyarakat Dukung Proses Sensus
Tribunpontianak.co.id/Hamdan Darsani
Badan Pusat Statistik (BPS) akan melaksanakan sensus penduduk 2020 

PONTIANAK - Badan Pusat Statistik (BPS) akan melaksanakan sensus penduduk 2020. Sensus penduduk yang akan di lakukan pada 2020 merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh penduduk Indonesia.

Tujuan sensus penduduk 2020 yakni menyediakan data, jumlah, komposisi persebaran dan karekteristik penduduk Indonesia sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.

Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan mengatakan sensus penduduk 2020 sangat penting. Maka peran penting dari semua pihak sebagai kunci sensus penduduk di wilayah Kota Pontianak. Hasil sensus penduduk akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk pembangunan.

"Pemerintah pusat dan daerah bisa memperoleh gambaran tentang kebutuhan suatu wilayah berdasarkan hasil sensus penduduk keluar," ujarnya.

Buka Sensus Penduduk 2020, Moris: Sensus Penting, Untuk Pembangunan dan Pengembangan SDM

Dirinya menjelaskan pada pelaksanaan sensus penduduk 2020. BPS melakukan inovasi dan pembaharuan dibandingkan sensus penduduk sebelumnya. Sensus penduduk 2020 akan menggunakan metode kombinasi.

"Dengan memanfaatkan data administrasi penduduk (adminduk) sebagai data dasar untuk pendataan penduduk secara lengkap dan memanfaatkan gadget dalam pengumpulan data," katanya.

Bahasan mengungkapkan inovasi tersebut dilakukan untuk menghadapi tantangan dinamika kependudukan yang terjadi sepuluh tahun terakhir. Sensus penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode. Pertama yakni sensus penduduk online yaitu seluruh masyarakat bisa secara aktif mengisi data kependudukan secara mandiri.

"Kami berharap masyarakat bisa berperan dalam mengikuti sensus penduduk online," ujarnya

Selanjutnya yakni kegiatan verifikasi dan pencatatan lapangan. Pada kegiatan verifikasi petugas sensus akan melakukan pengecekan keberadaan penduduk. Pengecekan dilapangan dan penyisiran penduduk akan dilakukan bersama ketua RT setempat.

"Kami berharap penduduk bisa melancarkan proses verifikasi dan pencocokan di lapangan," ujarnya.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved