Tjhai Chui Mie Dorong Bidan Beri Perhatian Khusus untuk Stunting

Kita juga harus mendukung dengan kondisi apa yang dialami oleh masyarakat tersebut

TRIBUNPONTIANAK/RIDHOINO KRISTO SEBASTIANUS MELANO
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang, dr Barita Ompusunggu (kanan) dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Aziz Kota Singkawang, dr Ruchanihadi memberikan keterangan usai melakukan rapat koordinasi (rakor) lintas instansi mengenai kesiapsiagaan merebaknya virus corona di ruang rapat Wali Kota Singkawang, Jalan Firdaus, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat, Rabu (29/1/2020). 

SINGKAWANG - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan pencegahan stunting telah menjadi program nasional, sementara laporan yang ada tidak terlalu banyak terjadi di Kota Singkawang.

Ia meminta bidan perbanyak sosialisasi sejak pertama hamil dan periksa. Sampaikan apa yang dipantang dan dibolehkan yang membuat janin dalam kandungan itu sehat.

"Itu lah tugas dari bidan itu sendiri, itu akan jadi satu perhatian kita khusus untuk stunting," katanya, Jumat (31/1/2020).

Stunitng terjadi bukan hanya karena kurang memperhatikan atau kurang mengerti kesehatan. Namun terkadang ibu-ibu inginnya tetap cantik dengan masih minum obat diet, pelangsing dan sebagainya.

Tokoh Pemuda Sanggau Harap Semua Pihak Berkontribusi Tekan Angka Stunting di Tahun 2020

Ini menjadi fokus pemerintah melalui bidan bagaimana upaya dilakukan kepada ibu hamil tentang apa saja yang tidak boleh dilakukan, boleh dilakukan dan yang pantang.

"Sehingga bayi yang dilahirkan nantinya normal dan sehat," tuturnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Singkawang, Sujianto mendukung pemerintah dalam mencegah dan mengurangi stunting di Indonesia.

"Kita juga harus mendukung dengan kondisi apa yang dialami oleh masyarakat tersebut," katanya.

Hadirnya gedung Sekretariat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Singkawang satu di antara tujuannya untuk mencegah dan mengurangi stunting yang selama ini dialami masyarakat.

Bidan menjadi kunci dari pertumbuhan dan perkembangan baik fisik maupun kecerdasan bagi anak-anak khususnya di Kota Singkawang. "Kami akan mendukung hal ini," tuturnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved