Untan Siap Ambil Peran Untuk Perwujudan Desa Mandiri di Kalbar

Kira-kira nanti Untan mengambil porsi mana dan itu akan terus di dorong mungkin dari sisi pendidikan dan kesehatan dan giat ekonomi desa

Untan Siap Ambil Peran Untuk Perwujudan Desa Mandiri di Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Foto bersama jajaran Forkopimda Kalbar usai seminar di Aula Rektoran lantai 3 Untan, Rabu (22/1/2020). 

PONTIANAK - Rektor Universitas Tanjungpura, Garuda Wiko mengapresiasi dengan program yang dilakukan oleh gubernur dan pencapaiannya luar biasa di tahun 2019 sudah bisa mencapai 87 desa mandiri di Kalbar.

Ia mengatakan dari perguruan tinggi tentu mengapresiasi dan siap ikut berperan.

Sejauh ini Untan sudah punya 87 ribu alumni dan tiap tahun melakukan wisuda .

“Kita harap dalam kontek ini bisa mempersiapkan lulusan yang dapat membantu Pemprov Kalbar dalam mewujudkan desa mandiri misalnya pengembangan Bumdes yang mungkin akan memerlukan dibidang managerial bagaimana community development mungkin butuh jurusan Fisipol dan kesehatan kita punya kedokteran, serta lainnya ,” ujar Garuda Wiko, Rabu (22/1/2020).

Untan juga akan mendukung dengan pengabdian masyarakat dengan tematik baik dosen maupun mahasiswa dan berkonsentrasi pada 52 indikator desa mandiri.

Kamaruzaman: Pemprov Kalbar Targetkan 138 Desa Mandiri Tahun 2020

“Kira-kira nanti Untan mengambil porsi mana dan itu akan terus di dorong mungkin dari sisi pendidikan dan kesehatan dan giat ekonomi desa,” ujar Garuda Wiko.

Ia melihat untuk evaluasi di 2019 untuk perwujudan desa mandiri kedepan bisa terus memperkuat kolaborasi dan hal ini harus dilakukan bersama tentu dibawah pimpinan gubernur Kalbar.

Harus Fokus

Akademisi FISIP Untan, Dr Herlan mengatakan seharusnya Pemprov Kalbar tidak hanya fokus pada pencapaian Desa Mandiri saja, tapi juga bagaimana mengurangi status desa sangat tertinggal dan tertinggal untuk naik status.

Ia mengatakan Desa Mandiri ini merupakan program Presiden pada masa Jokowi-JK sejak tahun 2015-2019 dan sudah memganggarkan dana desa sampai terakhir mencapai 113 T disiapkan .

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved