SSCASN Terkini

Tanggapan Aswandi Terkait Soal Tes CPNS Yang Dibuat Kemendikbud

Ia mengatakan sebelum tes biasanya ada kisi kisi yang beredar dan itu memudahkan peserta asalkan dibuat secara objektif, transparan dan akuntabel

Tanggapan Aswandi Terkait Soal Tes CPNS Yang Dibuat Kemendikbud
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI
Dr Aswandi Saat diwawancari di Ruang Rektorat Untan, Selasa (16/7/2019). 

PONTIANAK - Pengamat Pendidikan Universitas Tanjungpura, Dr Aswandi menanggapi terkait beberapa hal yang berkaitan dengan soal tes CPNS yang dibuat oleh Kemendikbud.

Ia mengatakan sebelum tes biasanya ada kisi-kisi yang beredar dan itu memudahkan peserta asalkan dibuat secara objektif, transparan dan akuntabel.

"Jadi kalau memenuhi prinsip dalam seleksi tidak masalah. Jangan sampai dia tidak transparan hanya untuk orang tertentu saja itu tidak benar," ujarnya beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan bobot soal yang dibuat Kemendikbud tentu ingin menghasilkan ASN yang berkualitas dengan membuat sejelas-jelasnya supaya mendapatkan ASN sesuai yang diinginkan dan di buat sejelas mungkin.

Terapkan Ulangan Online, Aswandi: Pemerintah Harus Pastikan Fasilitas dan Sumber Daya Pendukung

Jadi jangan sampi mereka bingung berspekulasi dan sebagainya.

"Dengan adanya informasi awal saya kira asal terbuka untuk semua peserta dan tau tidak ada masalah supaya mempersiapkan diri sebaiknya ikut seleksi ini," ujarnya.

Ia mengatakan kadang peserta yang ikut hanya asal-asalan dan tidak juga memersiapkan diri

Sedangkan terkait dengan penurunan Pasing grade.

Ia katakan itu hal biasa dan belajar dari pengalaman dahulu ternyata masih banyak yang belum masuk akhirnya seleksi tidak berdasarkan grade itu lagi.

"Kalau sudah diberikan passing grade memberikan kesempatan orang masuk banyak, tapi akhirnya di pilih berdasarkan nilai terbaik," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved