Pertamina Ajak Masyarakat Awasi Pangkalan LPG 3 Kg

GM Pertamina Marketing Operation Region VI Boy Frans Justus Lapian menegaskan bahwa setiap pangkalan wajib menyertakan Harga

Pertamina Ajak Masyarakat Awasi Pangkalan LPG 3 Kg
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Pangkalan resmi Pertamina wajib memiliki plang nama sesuai standar dan menjual LPG 3kg sesuai Harga Eceran Tertinggi ( HET) 

Pangkalan LPG 3 kg adalah lembaga penyalur akhir LPG 3 kg di dalam jaringan distribusi resmi Pertamina pada penjualan LPG 3 kg ke masyarakat.

Jalur distribusi resmi LPG 3 kg dimulai dari suplai point Pertamina yaitu Terminal LPG. Gas dari Terminal LPG diangkut dengan Skid tank (Mobil Tanki LPG) ke SPPBE (Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji).

Di SPPBE ini LPG diisikan ke tabung-tabung LPG dan selanjutnya di angkut menggunakan Truk oleh para Agen LPG 3kg ke pangkalan-pangkalan yang dimiliki oleh para Agen tersebut.

Saat ini di seluruh Kalimantan terdapat sekitar 10 ribu pangkalan dan Pertamina akan terus melakukan pemekaran pangkalan agar setiap desa setidaknya ada 1 pangkalan sehingga bisa semakin di jangkau masyarakat.

Dugaan Agen LPG Jual Melebihi HET, Sudirman: Kami Hanya Beri Data ke Pertamina

GM Pertamina Marketing Operation Region VI Boy Frans Justus Lapian menegaskan bahwa setiap pangkalan wajib menyertakan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Pemda setempat.

" Harga jual di pangkalan harus sesuai dengan HET yang ditetapkan Pemda dan Pangkalan wajib menulis HET di plang nama mereka. Jika pangkalan menjual LPG 3 kg tidak sesuai HET, maka itu adalah penyimpangan" tegas Boy

Pertamina tidak segan menindak pangkalan maupun Agen yang melakukan pelanggaran, mulai dari sanksi administrasi hingga pemutusan hubungan Usaha.

Untuk pangkalan, sanksi dan pemutusan hubungan usaha dilakukan melalui agen karena kontrak pangkalan langsung dengan para Agen.

HET bervariasi di setiap Kota/ Kabupaten bahkan sampai level Kecamatan. Semakin dekat suatu daerah dengan suplai point LPG, harga HET akan semakin rendah, sebaliknya, jika suatu daerah semakin jauh dari suplai point LPG maka HET nya akan semakin tinggi.

Mengingat bervariasinya HET dalam suatu wilayah, Pertamina mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pangkalan LPG 3kg yang di sekitar mereka.

Halaman
12
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved