Launching Program Desa Bersinar di Desa Sukamaju, Ini Harapan Bupati Martin Rantan

Kehadiran Bupati Martin didampingi Wakil Bupati Ketapang serta Forkopimda dan para pejabat Ketapang, disambut antusias warga.

Launching Program Desa Bersinar di Desa Sukamaju, Ini Harapan Bupati Martin Rantan
TRIBUN PONTIANAK/ NUR IMAM SATRIA
Bupati Ketapang, Martin Rantan beserta Forkopimda menekan Tombol Sirene sebagai tanda dilaunchingnya program Desa Bersinar di Desa Sukamaju, Kecamatan Muara Pawan. 

KETAPANG - Setelah di Desa Tebing Berseri Kecamatan Jelai Hulu dan Desa Botong Kecamatan Simpang Hulu, Program Desa Bersinar kembali dilaunching oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan di Desa Sukamaju, Kecamatan Muara Pawan, Senin (23/12/2019) malam.

Rencananya, setelah launching yang ketiga kalinya, program ini direncanakan Bupati bakal dilaunching di Desa Penjawaan, Kecamatan Sandai dan Desa Danau Buntar di Kecamatan Kendawangan.

Launching program Desa Bersinar di Desa Sukamaju Kecamatan Muara Pawan tururt dihadiri oleh Wakil Bupati Ketapang, Drs H.Soeprapto, Ketua DPRD Ketapang, M.Febriadi, Dandim 1203 Ketapang, Sekretaris Daerah Ketapang. H.Farhan, Wakapolres Ketapang, Asisten III Setda Ketapang, Drs Heronimus Tanam, Camat Muara Pawan, Uti Maiser dan Pj Kades Sukamaju, Zainudin.

Kehadiran Bupati Martin didampingi Wakil Bupati Ketapang serta Forkopimda dan para pejabat Ketapang, disambut antusias warga.

Sambutan gendang tar dan dilanjutkan dengan penampilan Jepin menambah semarak malam launching Program Desa Bersinar.

Kanwil Kemenag Kalbar Serukan Umat Islam Salat Kusuf  Saat Datangnya Gerhana Matahari

Launching Desa Bersinar ini juga dihadiri para camat dari Benua Kayong, Delta Pawan dan Matan Hilir Utara.

Pj Kepala Desa Sukamaju, Zainudin A.Md mengucapkan selamat datang kepada rombongan Bupati Ketapang di desa Sukamaju. Ia melaporkan keberadaan Desa Sukamaju merupakan hasil pemekaran dari Desa Sungai Awan Kanan, berdasarkan Keputusan Bupati ketapang nomor 28 tahun 2005, diketahui luasnya adalah 4.708 hektar. Dan jumlah penduduk saat ini adalah 2.992 jiwa. Berdasarkan data, saat ini status Desa Sukamaju adalah desa berkembang.

Dalam mendukung keuangan desa, saat ini sudah ada satu usaha yaitu pengelolaan pasar dan perparkiran. Usaha ini baru berjalan sekitar enam bulan, sudah bisa menghasilkan pendapatan desa.

Disebutkannya, Jika ada rencana revitalisasi pasar sesuai perizinan, maka pihak desa siap dengan segala persyaratannya.

“Mudah-mudahan pada tahun 2020 ini, Desa Sukamaju bisa berubah status menjadi Desa Maju, mudah mudahan program pamsimas tidak bergeser, sebab melalui program ini pihak desa akan mengolah sumber air bersih, sumber air bersih sudah siap dan sudah diuji laboratorium oleh Lingkungan Hidup dan hasilnya mendukung, untuk mengolah sumber air bersih ini, kita masih menunggu rekomendasi hasil uji dari Dinas Kesehatan,” kata Pj Kades Sukamaju, Zainudin.

Halaman
12
Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved