Kanwil Kemenag Kalbar Serukan Umat Islam Salat Kusuf  Saat Datangnya Gerhana Matahari

Kepala Kanwil Kalbar, Ridwansyah menyerukan seluruh umat islam yang dilintasi fenomena alam tersebut melaksanakan salat kusuf.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / FILE
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kalbar, H Ridwansyah 

PONTIANAK - Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat menyerukan bagi seluruh umat islam setempat untuk melaksanakan amalan sunnah yaitu salat kusuf seiring terjadinya fenomena alam yaitu Gerhana Matahari Cincin (GMC).

GMC di Kalimantan Barat terpusat pada Kota Singkawang dan daerah sekitarnya sedangkan wilayah lainnya di Kalbar hanya bisa melihat gerhana matahari sebagian.

Kepala Kanwil Kalbar, Ridwansyah  menyerukan seluruh umat islam yang dilintasi fenomena alam tersebut melaksanakan salat kusuf.

Ia menegaskan sudah menjadi amalan sunnah bagi umat islam saat terjadinya gerhana dengan melaksanakan salat sunnah kusuf ini

10 Tahun Perjalanan Makeup Artis Pontianak, Ini Ungkapan Urai Dewi

"Daerah Kalimantan Barat menjadi daerah yang dilintasi oleh fenomena alam yaitu Gerhana Matahari Cincin. Dalam rangka menyikapi itu, kita mengimbau masyarakat Kalbar untuk melakukan salat kusuf," ucapnya saat diwawancarai Tribun Pontianak, Rabu (25/12/2019).

Dari Kanwil Kemenag Kalbar memang tidak ada menentukan titik pelaksanaan salat, namun ia menegaskan imbauan bagi seluruh  daerah yang dilewati gerhana ini untuk melaksanakan salat kusuf.

"Salat sunah ini memang kita imbau, ini adalah fenomena alam dan bukan pertama kalinya terjadi, silakan masyarakat untuk melaksanakan salat kusuf," pungkas Ridwansyah.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved