Chef Junior Asal Jangkang Juarai Lomba Masak Ikan

Chef junior asal Kecamatan Jangkang menjadi juara pertama dalam lomba tersebut.

Chef Junior Asal Jangkang Juarai Lomba Masak Ikan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Bupati Sanggau, Paolus Hadi didampingi pejabat lainya saat menyaksikan langsung lomba masak menu ikan di Gedung Balai Betomu Sanggau, Rabu (13/11/2019). 

SANGGAU - Untuk meningkatan konsumsi makan ikan, Diselenggarakan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) tahun 2019 dengan menggelar lomba masak ikan yang diikuti chef junior dari perwakilan Kecamatan di Kabupaten Sanggau.

Acara dipusatkan di Gedung Balai Betomu Sanggau, Rabu (13/11/2019). Chef junior asal Kecamatan Jangkang menjadi juara pertama dalam lomba tersebut.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Ketua Umum Forikan Provinsi Kalbar diwakili Hilfira Hamid, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar, Herti Herawati, perwakilan Forkompimda Sanggau, Kepala OPD Sanggau, Para Asisten, Perwakilan dari Perbankan di Sanggau, Ketua Forikan Kabupaten Sanggau, Arita Apolina, Ketua GOW Kabupaten Sanggau, Yohana Kusbariah, Ketua DWP Kabupaten Sanggau, Cristiana Sri Kusumastuti, Para Camat dan Ketua Forikan Kecamatan se-Kabupaten Sanggau, para Genre Gemarikan Kabupaten Sanggau dan Para peserta lomba.

Dalam sambutanya, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar, Herti Herawati mengakui bahwa dirinya mengamati bahwa Forikan Kabupaten Sanggau terus bekerja tak lelah-lelahnya dalam menggerakkan Forikan.

Dishangpang Hortikan Akui Konsumsi Ikan di Sanggau Cenderung Naik

Wagub Kalbar Ajak Gemar Konsumsi Ikan

Kaya Gizi, Bupati Jarot Ajak Masyarakat Sintang Budayakan Konsumsi Ikan

"Kami sangat mengapresiasi yang mana kepengurusan Forikan di Sanggau ini sudah sampai ditingkat kecamatan. Sehingga dari itu sebagai dasar bahwa wadah Forikan yang sudah sampai di tingkat kecamatan saya mengutuskan meminta izin kepada Pak Gubernur untuk melaksanakan kegiatan Gemarikan tahun ini di Kabupaten Sanggau,”katanya.

Dikatakanya, Kegiatan lomba masak koki cilik ini adalah ide dari Gubernur. "Ketika semua kepala dinas beliau koreksi semua kegiatan di DPA lembar-perlembar.
Jadi beliau sangat teliti sekali, "ujarnya.

Kemudian, Ia mengatakan coba kegiatan lomba masaknya jangan monoton hanya untuk ibu PKK saja, akan tetapi tambahkan untuk anak-anak atau lomba masak koki junior. "Salah satu program dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar yakni untuk meningkatkan konsumsi ikan dan tujuan utamanya salah satu program yang sangat strategis yaitu untuk melawan stunting,"katanya.

Ia juga mengapresiasi kepada Ketua Forikan Kabupaten Sanggau yang mana beberapa hari yang lalu melaksanakan penilaian tingkat nasional untuk nominasi juara satu, dua dan tiga untuk tingkat nasional untuk kegiatan gemarikan diwilayah Sanggau.

“Sehingga melalui kegiatan yang diselanggarakan saat ini, kita harapkan bisa nantinya untuk menambah poin penilaian, sehingga mudah-mudahan bisa menjadi juara satu,”harapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishanpang Hortikan) Kabupaten Sanggau H John Hendri mengatakan, tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Sanggau meningkat setiap tahun.

Halaman
123
Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved