Kodam XII Tanjungpura Adakan Berbagai Kegiatan Dukung Desa Mandiri

Tahun ini Kalbar sudah mempunyai 87 desa mandiri, ini tentu membanggakan dari hasil karya rekan- rekan semua

Kodam XII Tanjungpura Adakan Berbagai Kegiatan Dukung Desa Mandiri
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar foto bersama Gubernur Kalimantan Barat, H.Sutarmidji dan Forkopimda dalam Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa (PID) ke-II provinsi Kalimantan Barat tahun 2019 di hotel Kini, Pontianak, Senin (4/11/2019).  

Kodam XII Tanjungpura Adakan Berbagai Kegiatan Dukung Desa Mandiri

PONTIANAK  - Selama ini Kodam XII Tanjungpura menjadi mitra Pemerintah Provinsi Kalbar dalam membangun daerah melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Peran serta dari TNI dalam membangun daerah sangat dirasakan dan itu diakui oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

Menurut Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad hingga saat ini masih ada program yang mereka lakukan.

Bahkan sudah pada tahap finishing,  pekerjaan yang ada menjadi pekerjaan oleh unsur Kodam yang dilaksanakan oleh Babinsa,  Danramil dan Komandan Kodim yang melibatkan peran serta masyarakat di desa itu sendiri.

Baca: FOTO: Tanam Padi Millenial di Kubu Raya

Baca: Polda Kalbar Ambil Bagian Ciptakan Desa Mandiri

"Tahun ini Kalbar sudah mempunyai 87 desa mandiri, ini tentu membanggakan dari hasil karya rekan- rekan semua. Tentunya  tak terlepas dari apa di rancang gubernur, bersama kami (TNI) dan Kapolda bahu membahu satu visi membangun ketahanan wilayah dari kegiatan fisik maupun non fisik," ucap Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI M Nur Rahmad saat memberikan sambutan dihadapan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Hotel Kini Pontianak, Senin (4/11/2019).

Lanjut disampaikannya kegiatan fisik di arahkan kepada  indikator ketersediaan pos kamling, posyandu, perpustakaan, jalan agar  bisa membuka akses desa, membangun jembatan, MCK  dan lain sebagainya.

Pembangunan non fisik dilakukan dengan adanya penyeruan wawasan kebangsaan, bela negara, penyuluhan kesehatan , melaksanakan penyuluhan bidang hukum dan Kamtibmas.

"Kemudian adanya sosialisasi di bidang terorisme dan radikalisme dan upaya pencegahan sampai tingkat desa. kita harapakn ada peningkatan ketahanan desa dalam menghadapi kerawanan yang timbul di desa," tegas Muhammad Nur Rahmad.

Ia menegaskan  kedepan pihaknya akan maksimalkan lagi sesuai target Gubernur Kalbar tahun 2023 harus bisa mencetak 435 desa mandiri.

"Kami akan selalu siap mendukung program pemerintah dalam mensejahterakan rakyat dan saya yakin kita mampu mencapai 435 Desa Mandiri  2023," pungkas Muhammad Nur Rahmad.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved