Polda Kalbar Ambil Bagian Ciptakan Desa Mandiri

Tentunya keamanan satu kebutuhan utama dimana keamanan ini bukan hanya tanggung jawab TNI Polri tapi tanggungjawab kita smua

Polda Kalbar Ambil Bagian Ciptakan Desa Mandiri
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar foto bersama Gubernur Kalimantan Barat, H.Sutarmidji dan Forkopimda dalam Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa (PID) ke-II provinsi Kalimantan Barat tahun 2019 di hotel Kini, Pontianak, Senin (4/11/2019).  

Polda Kalbar Ambil Bagian Ciptakan Desa Mandiri

PONTIANAK - Kapolda Kalbar, Irjenpol Didi Haryono menyebutkan pihak akan melakukan sinergitas dengan Pemprov Kalbar untuk menjadikan Desa Mandiri sesuai dengan tupoksi yang ada pada kepolisian.

Kalbar disebutnya kaya akan sumber daya alamnya mempunyai 2031 desa dan 99 kelurahan, adanya kunjungan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi kali ini diharapkan dapat memberikan masukan, pencerahanndan menambah motivasi semua.

"Tupoksi kami yakni bagaimana melaksanaaan tugas pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, kemudian memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat dan penegakan hukum," ucap Didi Haryono terkait kontribusi kepolisian untuk membangun desa sehingga menjadi Desa Mandiri, Senin (4/11/2019).

Baca: Prediksi Skor Barcelona vs Slavia Praha Liga Champions, Live Streaming SCTV - Teror Lionel Messi

Baca: Sintang Urutan Ketiga UMK Tertinggi di Kalbar, Ini Rinciannya

Sejauh ini kondisi keamanan Kalbar berjalan dengan baik. Berrbagai agenda, baik agenda internasional, regional, nasional lokal sudah di laksanakan mulai dari tahun 2018 lalu.

"Kita ketahui kalau desa mandiri adalah desa yang bisa memenuhi kenutuhannya tanpa tergantungan dari bantuan lain, kalaupun ada bantuan pemerintah sifatnya simultan untuk merangsang," tegasnya. .

Pihaknya sudah memetakan, setidaknya ada tiga kriteria menjadi penilaian terkait dengan desa binaan, desa yang perlu dapat perhatian yaitu potensi konfliknya tinggi, sementara desa sentuhan yakni desa yang tidak terlalu rawan namun diperlukan kerjsamaa yang tinggi karena dinamikanya tinggi termasuk didalamnya potensi terjadi gangguan sangat tinggi.

Kemudoan desa paling aman adalah desa yang memiliki kondisi kamtibmas sangat stabil dan kondusif karena masyarakatnya peduli dan sadar hukum.

Kemudian Kalbar berbatasan langsung dengan Malaysia yakni ada 5 kabupaten yang berbatasan dan 15 kecamatan didalamnya ada 67 jalan yang selalu dilalui.

Lanjut disampaikannya Desa Mandiri sangat bermanfaat informasi dan seterusnya berangkat dari desa mandiri dan semuanya dari 2031 desa dengan 3 indeks ketahanan dan 52 indikator sudah mencakup semuanya.

"Tentunya keamanan satu kebutuhan utama dimana keamanan ini bukan hanya tanggung jawab TNI Polri tapi tanggungjawab kita smua," tegasnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved