Kapal Wisata Kapuas Makin Menggeliat, Pemkot Akan Bangun Dermaga Apung

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menuturkan, pihaknya memang sedang melakukan penataan kapal wisata yang beroperasi melayani para wisatawan

Kapal Wisata Kapuas Makin Menggeliat, Pemkot Akan Bangun Dermaga Apung
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIA
Kapal Wisata yang Berada di Pinggiran Sungai Tugu Khatulistiwa. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Sejumlah pelaku pariwisata Kota Pontianak berharap pemerintah menyediakan dermaga khusus untuk tambat kapal wisata Sungai Kapuas. Lantaran saat ini keberadaan kapal kapal wisata ini masih mengandalkan areal water front atau promenade sebagai tempat parkir guna menunggu penumpang wisatawan.

Menanggapi ini Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menuturkan, pihaknya memang sedang melakukan penataan kapal wisata yang beroperasi melayani para wisatawan untuk menikmati keindahan kota dari Sungai Kapuas.

"Kita akan genahkan dermaga-dermaga yang ada saat ini sehingga layak untuk disinggahi kapal wisata," ujarnnya, Selasa (29/10)

Baca: Sri Dampingi Suami Wisuda Purnabakti, Kekompakan yang Bikin Betah

Baca: Helikopter Terbang Rendah, Atap Rumah Warga Siantan Porak Poranda

Edi menuturkan hal tersebut dilakukan agar para pengusaha kapal wisata tidak sembarangan menambatkan kapal-kapalnya di lokasi water front atau promenade.

"Kalau tidak ditata nanti akan semakin semrawut dan akan terkesan kumuh. Kita mau itu water front itu rapih dan tertata," ujarnya.

Dirinya menerangkan saat ini sudah ada dua dermaga apung untuk menunjang layanan kapal wisata di Taman Alun Kapuas. Di antaranya, Pasar Kapuas tak jauh dari Kantor BCA dan di Taman Alun Kapuas. Namun itu terlalu jauh untuk jangkauan pengunjung untuk menaiki kapal.

"Mungkin akan ada penambahan lagi deramaga apung di berbagai titik lainnya," kata Edi.

Tingginya perhatian Pemkot Pontianak terhadap penataan kawasan waterfront membuat usaha kapal wisata ini makin menggeliat. Dari tadinya hanya ada tiga kapal wisata yang beroperasi kini bertambah menjadi sebelas kapal.

Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah kota terus melakukan pembinaan terhadap para  pengusaha kapal wisata tersebut. Pemkot Pontianak melalui Dishub Kota Pontianak pada 2020 mendatang akan membangun dermaga apung.

Halaman
12
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved