Advetorial

Rangkaian Puncak Festival Robo-robo di Mempawah, Dipusatkan di Dermaga Kuala Mempawah

Puncak Festival Budaya Robo-Robo di Kabupaten Mempawah dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Rabu (23/10).

Rangkaian Puncak Festival Robo-robo di Mempawah, Dipusatkan di Dermaga Kuala Mempawah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Puncak Festival Budaya Robo-Robo di Kabupaten Mempawah di hadiri langsung oleh Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Rabu (23/10). 

Rangkaian Puncak Festival Robo-robo di Mempawah, Dipusatkan di Dermaga Kuala Mempawah

MEMPAWAH - Puncak Festival Budaya Robo-Robo di Kabupaten Mempawah dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Rabu (23/10).

Perayaan yang dipusatkan di dermaga kuala mempawah ini diawali dengan acara doa selamat di Muara Sungai Mempawah, dilanjutkan dengan acara ceremonial dan makan saprahan di Dermaga Kuala Mempawah.

"Robo-robo merupakan budaya keraton Amantubillah, ini merupakan ungkapan mengenang kembali kedatangan raja mempawah opu daeng Menambon di Mempawah. Kenapa dinamakan robo-robo, karena dilaksanakan hari rabu pada akhir bulan safar, tanggal 24 safar kali ini bertepatan 23 oktober," ujar Ria Norsan.

Baca: Lestarikan Budaya Tolak Bala, Festival Robo-Robo Kembali Digelar di Sungai Kakap

Baca: Digelar Terpisah, Tidak Mengurangi Esensi Robo-Robo di Kubu Raya

Baca: Desa Karangan Gelar Budaya Robo-Robo, Terdapat Berbagai Perlombaan di Masyarakat

Tujuan lainnya menurut dia merupakan wujud rasa cinta generasi dengan terbentuknya kerjaan mempawah.

"Sebelum kabupaten Mempawah namanya kabupaten pontianak, pada tahun 2014 atas keinginan masyarakat mempawah kabupaten pontianak di ubah menjadi kabupaten Mempawah yang merupakan nama daerah," katanya.

Menurutnya pula dengan mengingat sejarah dan memperingati budaya maka generasi penerus mengetahui sejarah daerahnya. Menurutnya pula dengan memahami sejarah maka rasa cinta yang tumbuh di generasi muda akan ikut membangun daerahnya.

"Harapan saya Mempawah semakin maju dan dikenal, dengan ada nya pembangunan bertaraf internasional maka semakin berkembang. SDA nya sudah baik, maka Mempawah saya yakin akan menjadi daerah yang maju," tuturnya.

Sementara itu Bupati Mempawah, Erlina mengucapkan selamat datang kepada tamu undangan yang menghadiri festival budaya robo-robo di Mempawah. Ia mengatakan mungkin menang robo-robo ada di daerah lain namun kebudyaan ini merupakan milik Mempawah.

"Selamat datang kepada semua yang hadir, robo-robo tiap tahun dilaksanakan dan merupakan ritual budaya yang dilaksanakan kerabat keraton mengenang kedatangan opu daeng Menambon. Ini menjadi daya tarik tersendiri, di daerah lain mungkin ada dan sama tapi tetap ini milik mempawah," katanya.

Halaman
12
Penulis: Try Juliansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved