Ujian Praktik SIM Bakal Dilaksanakan Secara Elektronik, Dilarang Pakai Jasa Calo

Komisaris Polisi Fahri Siregar mengatakan, tujuan diberlakukannya ujian praktik secara komputerisasi ini untuk memberikan penilaian yang objektif

Ujian Praktik SIM Bakal Dilaksanakan Secara Elektronik, Dilarang Pakai Jasa Calo
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA/ (ANTARA FOTO/IRSAN MULYADI)
Warga mengendarai sepeda motor saat mengikuti latihan uji kompetensi surat izin mengemudi (SIM) di Medan, Sumatera Utara, Minggu (24/9). Latihan yang digelar Polrestabes Medan tersebut untuk melihat dan menguji kemampuan warga mengendarai sepeda motor, sebelum mendapatkan SIM. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/ama/17. 

Ujian Praktik SIM Bakal Dibuat Secara Elektronik, Dilarang Pakai Jasa Calo

SMART SIM adalah satu di antara inovasi kepolisian satu di antara layanan kepolisian baru-baru ini dalam memberikan layanan kepada masyarakat. 

Terutama dalam memberikan kemudahan memperoleh administrasi perizinan mengemudi kendaraan. 

Setelah Smart SIM, kepolisian kini kembali membuat inovasi lainnya. 

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, ujian praktik SIM akan dibuat secara elektronik alias electronic driving system (e-drive).

Selama ini, satu di antara syarat yang harus dilewati oleh para pemohon surat izin mengemudi ( SIM), yaitu melakukan ujian praktik. 

Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan telah menerbitkan Smart SIM, Selasa (8/10/2019). Berbeda dari sebelumya, untuk SIM pintar memiliki berbagai fungsi, salah satunya dapat transaksi tol.
Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan telah menerbitkan Smart SIM, Selasa (8/10/2019). Berbeda dari sebelumya, untuk SIM pintar memiliki berbagai fungsi, salah satunya dapat transaksi tol. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA/Kompas.com/ (Dokumentasi Satpas Cilenggang Polres Tangsel))

Apabila semua rintangan berhasil dilakukan, maka orang tersebut berhak mendapatkan bukti registrasi dan identifikasi dari Polri. 

Baca: Jadwal Smart SIM Keliling Selama Minggu Ketiga Oktober 2019

Baca: Lima Ribu Smart SIM Telah Beredar di Masyarakat Pontianak

Namun dengan inovasi baru ini, membuat ujian praktik SIM kini jadi terkomputerisasi. 

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Fahri Siregar mengatakan, tujuan diberlakukannya ujian praktik secara komputerisasi ini untuk memberikan penilaian yang objektif. 

"Jadi nanti akan dipasang sensor pada patok saat pemohon SIM menjalankan ujian praktik mengemudi," ucap Fahri akhir pekan lalu di Jakarta.  

unit uji SIM A dan SIM C yang digelar Garda Oto.
unit uji SIM A dan SIM C yang digelar Garda Oto. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA/Kompas.com/(Febri Ardani))
Halaman
1234
Editor: Ishak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved