Dishangpang Hortikan Sanggau Akui Berhasil Memotivasi Petani

H John Hendri menyampaikan, pihaknya berhasil memotivasi petani bahwa menanam padi tidak mesti di bulan Agustus

Dishangpang Hortikan Sanggau Akui Berhasil Memotivasi Petani
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau, H John Hendri 

Dishangpang Hortikan Sanggau Akui Berhasil Memotivasi Petani

SANGGAU - Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau, H John Hendri menyampaikan, pihaknya berhasil memotivasi petani bahwa menanam padi tidak mesti di bulan Agustus dan bulan September tiap tahunya. Hal itu dilakukan sebagai salah satu strategi menekan aktifitas petani yang membuka lahan dengan cara membakar.

"Itu sudah kita tawarkan ke petani, Tapi kembali lagi kita ini mengubah minsed petani yang tentunya tidak mudah dan butuh proses. Jadi tidak mesti menunggu bulan Agustus dan bulan September baru nanam dan itu berhasil, "katanya, Rabu (25/9/2019).

"Tapi karena disuatu tempat itu hanya petani itu sendiri tidak ada yang lain sehingga keberhasilan itu ikutannya. Artinya masyarakat lain belum mau mengikuti,"tambahnya.

Baca: Tolak RUU PKS Jadi Tuntutan Rancu di Aksi Mahasiswa Kalbar

Baca: Dishanpang Hortikan Sanggau Belum Terima Laporan Lahan Petani Alami Fuso

Selain itu, kata Hendri, sistem pengolahan tanah tidak dengan membakar. Tapi menyingkirkan kayu-kayu yang sudah ditebang dipinggirkan.

"Nah, tumpukan-tumpukan kayu yang sudah dipinggirkan tadi itu kan masih bisa digunakan untuk tanaman seperti lengkeng, jagung dan lain sebagainya itu. Sementara diareal yang sudah bersih itu disitulah kita nunggal padi,"pungkasnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved