Deklarasi ODF di Desa Tanjung Hulu, Sinto: Diharapkan Tak Hanya Deklarasi, Tapi Menjadi Kebiasaan

Ini adalah desa pertama yang ODF di Kecamatan Sepauk, jadi masih ada 39 Desa lagi di Kecamatan Sepauk yang belum ODF

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MARPINA WULANDARI
Stakeholder yang hadir pada deklarasi ODF di Desa Tanjung Hulu, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Sabtu (21/9/2019). 

Deklarasi ODF di Desa Tanjung Hulu, Sinto: Diharapkan Tak Hanya Deklarasi, Tapi Menjadi Kebiasaan

SINTANG - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr Harysinto Linoh, menjelaskan bahwa Desa Tanjung Hulu ini merupakan desa ke-40 yang sudah mendeklarasikan diri sebagai Desa ODF di Kabupaten Sintang dari total 391 Desa.

Hal itu disampaikan Saat menghadiri deklarasi ODF yang dilaksanakan dihalaman Kantor Desa Tanjung Hulu, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, pada hari Sabtu, (21/09/2019).

"Ini adalah desa pertama yang ODF di Kecamatan Sepauk, jadi masih ada 39 Desa lagi di Kecamatan Sepauk yang belum ODF," kata Harysinto Linoh.

Baca: STAK-AW Pontianak Gelar Bakti Sosial di Monterado Bengkayang, Ini yang Mereka Lakukan

Baca: Kisah Warga Pontianak Penderita Asma Berjuang di Tengah Kepungan Kabut Asap Kebakaran Hutan & Lahan

Sinto mengharapkan kepada Kepala Desa dan masyarakat untuk menjadikan ODF sebagai gerakan masyarakat hidup sehat. Tidak hanya sebuh deklarasi, tetapi dijadikan sebuah kebiasaan.

"Kita sampai ke anak cucu kita, jadi kita persiapkan semuanya dimulai dari desa ODF ini. Sehingga menimbulkan gerakan masyarakat hidup sehat, dengan pola hidup sehat maka semua akan berjalan dengan baik. Juga saya pesankan agar anak-anak senantiasa mencuci tangan dengan menggunakan sabun ketika sebelum makan, sesudah makan dan setelah keluar dari jamban,” tambah Harysinto Linoh.

Kepala Desa Tanjung Hulu, Kecamatan Sepauk, Nonok menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah dan masyarakat dalam hal Desa ODF di Desa Tanjung Hulu.

“ini merupakan suatu penghargaan bagi kami, karena di Desa inilah perdana melakukan deklarasi ODF, saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat Tanjung Hulu yang sudah memiliki kemauan untuk merubah pola hidup sehat, sehingga bisa dilaksanakan deklarasi ODF ini, 100% masyarakat disini sudah memiliki jamban sehat,” terang Nonok.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved