Dewan Pengurus Wilayah PKS Kalbar Launching 'Gerakan Nasional Tanggap Bencana' Terkait Karhutla

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera Kalbar melaunching GENTA "Gerakan Nasional Tanggap Bencana" dan Rumah Oksigen

Dewan Pengurus Wilayah PKS Kalbar Launching 'Gerakan Nasional Tanggap Bencana' Terkait Karhutla
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUZAMMILUL ABRORI
Pengurus DPW PKS Kalbar saat melaunching GENTA "Gerakan Nasional Tanggap Bencana" dan Rumah Oksigen yang diadakan di Kantor DPW PKS Kalbar, yang berada dijalan Danau Sentarum, kota Pontianak, pada Sabtu (21/9/2019) siang. 

Dewan Pengurus Wilayah PKS Kalbar Launching 'Gerakan Nasional Tanggap Bencana' Terkait Karhutla

PONTIANAK - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera Kalbar melaunching GENTA "Gerakan Nasional Tanggap Bencana" dan Rumah Oksigen yang diadakan di Kantor DPW PKS Kalbar, yang berada dijalan Danau Sentarum, kota Pontianak, pada Sabtu (21/9/2019) siang.

Ketua DPW PKS Kalbar Arif Joni Prasetyo menjelaskan, terkait bencana kabut asap yang saat ini melandai wilayah khususnya Kalbar, maka dari pengurus PKS Kalbar berinisiasi menggelar kegiatan GENTA, guna membantu masyarakat yang terpapar kabut asap.

"Kegiatan Genta ini merupakan kegiatan gerakan yang bersifat nasional, khususnya wilayah Kalimantan Barat dan termasuk Provinsi lain yang juga ikut terpapar oleh kabur asap yang cukup pekat, seperti sekarang ini," jelas Arif Joni Prasetyo saat diwawancarai Tribun.

Ia mengatakan ada beberapa program utama yang dijalankan oleh kegiatan GENTA PKS Kalbar, diantaranya Pemadam Kebakaran, Rumah Oksigen yang digelar di Kantor DPW PKS Kalbar, lalu Mobil Patroli Oksigen, dan kemudian sebelas ribu masker untuk dibagikan ke masyarakat kota Pontianak.

Baca: Fuzi Sebut Akibat Karhutla Aktivitas Terganggu dan Timbulkan Kerugian di Berbagai Aspek

Baca: Jadi Petugas Pemadam Karhutla Harus Perhatikan Perlengkapan Keamanan Diri

Baca: FOTO: Petugas Pemadam dari Pandu Siaga Diberikan Oksigen saat Padamkan Api Karhutla di Kubu Raya

"Disini ruang Kantor DPW PKS Kalbar, kita menyediakan Rumah Oksigen untuk masyarakat yang terpapar kabut asap, dan memerlukan oksigen atau udara segar. Dan kemudian mobil patroli oksigen ini berguna untuk, membantu dan mendatangi saudara-saudara kita yang ada di daerah yang sangat pekat dipinggiran kota," terangnya.

Kemudian ia juga mengungkapkan bahwa dari pihak PKS Kalbar juga ikut serta membantu memadamkan api, dengan beberapa anggota Damkar yang dimiliki.

"Termasuk juga kita ikut memadamkan api, dengan pemadam Damkar PKS Kalbar yang siap untuk terjun memadamkan api. Dan kita kemaren sampai tengah malam ya, memadamkan api di sungai raya dalam, di komplek bhayangkara. Gabungan dengan Damkar-damkar yang lain," ungkapnya.

Kemudian ia berharap, untuk kedepannya Pemerintah bisa membuat langkah-langkah yang lebih kongkrit, dalam meminimalisir kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini.

"Kemudian diharapkan juga dari seluruh komponen masyarakat dan pemerintah bisa bahu-membahu, apa yang bisa diperbuat, lakukanlah. Untuk meringankan saudara-saudara kita yang terpapar oleh kabut asap," tuturnya.

Kemudian dalam kesempatan itu juga, ketua GENTA PKS Kalbar, Agus Sofyan juga menerangkan bahwa ada rencana bersama Tim Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS akan turun ke daerah yang saat ini terbakar, yakni di daerah Ketapang.

"Karena teman-teman di daerah, terutama di DPD 14 kabupaten/kota Kalbar selalu memberikan informasi terkait karhutla ini. Dan terbaru sekarang ini ada di daerah Ketapang, dan rencana kita akan turun langsung kesana," tambahnya. (Muzammilul Abrori).

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved